Berlin (ANTARA News) - Pemerintah Jerman sedang mempertimbangkan untuk memindahkan enam miliar euro dana yang dibekukan milik rezim Muamar Gaddafi ke rekening simpanan PBB untuk dikeluarkan bagi rakyat Libya.

"PBB dapat menggunakan dana itu untuk membayar pasokan bantuan kemanusiaan guna meringankan penderitaan penduduk di seluruh Libya," kata Menteri Perekonomian Jerman Rainer Bruederle dalam satu dokumen pemerintah, sebagaimana dikutip oleh majalah Jerman Der Spiegel.

Brussels yakin negara-negara tersendiri tidak dapat, menurut undang-undang, mengembalikan dana Gaddafi --yang telah dibekukan-- ke rakyat Libya secara langsung, dan oleh karena itu Uni Eropa ingin memutuskan mengenai cara untuk mengalihkan semua aset Gaddafi, yang dibekukan di Eropa ke PBB.

Seorang juru bicara kementerian perekonomian telah mengkonfirmasi laporan itu.

Menteri Keuangan dan Perencanaan Libya Abdulhafid Zlitni mengatakan pada konferensi pers di Tripoli, Rabu lalu, bahwa 120 miliar dolar aset Libya telah dibekukan oleh bank-bank asing berdasarkan sanksi, tapi negara itu masih memiliki cadangan emas dan aset lainnya.

Rezim itu telah meminta agar dana yang ditahan di luar negeri dicairkan dengan segera untuk kebutuhan kemanusiaan.
(S008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011