counter

Pecatur Dunia Bersaing di Kejuaraan Beregu Asian Cities Ke-17

Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pecatur papan atas kelas dunia dipastikan bertanding pada babak pertama kejuaraan catur Asian Cities ke-17 pada Jumat (22/4) di Jakarta, meskipun kejuaraan catur internasional beregu itu hanya diikuti 17 negara peserta.

"Di kubu China ada Yu Yangyi dan Li Chao, India menurunkan Hanumantha, dan GM Ehsan Ghaem Maghami dan GM Elshan Moradiabadi, saya kira mereka akan cukup menyulitkan bagi para pecatur Indonesia dalam kejuaraan Asian Cities ini," kata Ketua Binpres PB Percasi Kristianus Liem, di sela-sela acara penyambutan para pecatur asing sekaligus pembukaan kejuaraan itu di Jakarta, Kamis malam.

Sebanyak 17 negara yang menjadi peserta Asian Cities tersebut adalah Australia, Brunei Darussalam, China, Hongkong, India, Iran, Irak, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Korsel, UEA, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Dikatakan Ketua Binpres PB Percasi, selain China, India dan Iran, juga perlu diwaspadai Filipina yang memiliki pecatur kuat seperti GM Wesley So.

Sementara itu Wakil Ketua PB Percasi GM Utut Adianto yang hadir pada jamuan makan malam itu mengatakan bahwa Indonesia sangat berat untuk bisa meraih juara umum pada Asian Cities tahun ini mengingat para pesaing adalah pecatur kelas dunia.

"Bisa berada di posisi lima saja Indonesia sudah hebat pada event ini, ini menyerupai event dunia karena para pecatur asing yang ikut bertanding di kejuaraan ini memang rata-rata berkelas dunia," kata GM Utut Adianto.

Kejuraan catur beregu Asian Cities 2011 ini dipertandingkan dengan sistem Swiss sembilan babak.

Indonesia pernah meraih juara pada kejuaraan Asian Cities 1992 di Dubai dan 1994 di Kuala Lumpur. Pada Asian Cities ke-17 tahun ini akan diperebutkan piala bergilir yang terbuat dari emas murni seberat tiga kilogram dan senilai Rp1,2 miliar, serta hadiah utama bagi pemenang senilai 10.000 dilar AS.

Berikut susunan tim pecatur Indonesia untuk Asian Cities ke-17 di Jakarta.

Putra: GM Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus, MI Dede Liu, MI Tirta Chandra.

Putri: GMW Irene Kharisma Sukandar, WFM Medina Warda Aulia, WFM Dewi AA Citra, WFM Chelsie Monica Sihite. (A020/I015/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar