Padang (ANTARA News) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airline (GIA) tidak ada melakukan penambahan jadwal penerbangan maupun kursi memasuki liburan panjang dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping, Sumatera Barat tujuan daerah Jakarta.

"Liburan perayaan Paskah oleh umat Kristiani, pihaknya tidak melakukan penambahan penerbangan maupun kursi untuk antisipasi membludaknya jumlah penumpang," kata General Manager Garuda Indonesia Cabang Padang, Dedi Irawan, di Padang, Sabtu.

Menurutnya, liburan perayaan Paskah mengalami peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping menuju Jakarta serta daerah lainnya.

"Peningkatan jumlah penumpang Garuda dari BIM tujuan daerah Jakarta diperkirakan mencapai sekitar 90 persen," katanya.

Dia menambahkan, peningkatan jumlah calon penumpang maskapai penerbangan Garuda cukup signifikan bila dibandingkan hari biasa.

"Jika hari biasa jumlah calon penumpang maskapai penerbangan Garuda hanya mencapai sekiar 78 hingga 80 persen saja," katanya.

Maskapai penerbangan Garuda, lanjut Dedi Irawan berangkat dari BIM daerah tujuan Jakarta melayani empat kali penerbangan dalam satu hari. Penerbangan pertama dari BIM menuju Jakarta pada pukul 06.30 WIB, kedua 09.15 WIB.

"Selanjutnya pada pukul 14.05 WIB, kemudian penerbangan terakhir pada pukul 17.55 WIB," kata Dedi Irawan.

Dia mengatakan, maskapai penerbangan Garuda juga tidak menaikan harga tiket pesawat ketika memasuki musim liburan panjang dari BIM daerah tujuan Jakarta

"Harga tiket pesawat Garuda sama dengan tarif pada hari biasa yakni mulai dari Rp550 ribu hingga Rp2,8 juta untuk kelas Bisnis maupun eksekutif," katanya.

Dia menambahkan, maskapai penerbangan Garuda untuk membawa calon penumpang dari BIM menuju daerah Jakarta memakai pesawat air bus boieng 737.

"Untuk pesawat Garuda berbadan lebih besar seperti boeing 747 seri 400 tidak bisa dioperasikan membawa calon penumpang tujuan Jakarta disebabkan berbagai kendala seperti panjang landasan tidak cukup untuk mendarat," katanya.

Di tempat terpisah, General Manager Angakasa Pura II, Sumbar, Agus Kemal Wiraya Yudha,mengatakan memasuki liburan panjang jadwal penerbangan sejumlah pesawat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kepating tujuan Jakarta mengalami peningkatan sekitar 5 persen.

Beberapa maskapai yang melayani rute tersebut seperti Garuda Indonesia, Batavia Air, Sriwijaya, Lion Air hampir semua tempat duduk sudah dipesan.

"Banyaknya pemesanan tiket pesawat kemungkinan besar karena masa liburan anak sekolah setelah ujian nasional tingkat SMU," kata Agus Kemal Wira Yudha.

Selain penerbangan tujuan Jakarta, peningkatan juga terjadi untuk penerbangan tujuan daerah lain seperti Medan.

"Hal ini terlihat beberapa biro perjalanan kesulitan untuk melayani calon penumpang pesawat untuk pemberangkatan dari BIM," kata Agus Kemal Wira Yudha.(*)

(T.KR-ZON/S006)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011