Kepala sekolah mengkoordinir guru untuk memberikan kunci jawaban...
Jakarta (ANTARA News) - Salah satu SMA Negeri di Gorontalo terbukti melakukan kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2011 untuk jenjang SMA.  Di sekolah itu,  guru memberikan kunci jawaban kepada peserta ujian.

"Kepala sekolah mengkoordinir guru untuk memberikan kunci jawaban mata pelajaran Fisika kepada peserta ujian," kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal usai sidak pelaksanaan UN tingkat SLTP di SMPN 181 Jakarta Pusat, Senin.

"Keterangan ini berdasarkan laporan dari pengawas. Soal dibuka dan kemudian dibuatkan jawabannya. Sudah dilakukan penindakan hukum," katanya.

Ia mengatakan kecurangan di duga terjadi pada saat pengambilan soal di rayon atau saat ujian berlangsung guru juga ikut mengerjakan soal ujian. Karena itu, kasus kecurangan di salah satu SMA di Gorontalo sudah diproses oleh pihak kepolisian setempat.

Lebih lanjut Wamendiknas mengatakan karena kecurangan adalah inisiatif kepala sekolah, siswa diizinkan mengulang pada ujian susulan.

Terkait tindakan Kemendiknas terhadap Kepala Sekolah, dikatakannya sepenuhnya diserahkan kepad pihak berwajib untuk memproses secara hukum.

"Kepala sekolah telah membocorkan dokumen negara maka aparat keamanan atau kepolisian yang akan melakukan tindakan. Ini kasus paling serius yang ditemukan sepanjang penyelenggaraan UN SMA/MA/SMK pada 18 - 21 April, " katanya.

Kasus lainnya yang ditemukan pada pelaksanaan UN SLTA adalah paket soal matematika di salah satu SMK di Padang yang tertukar. Namun kesalahan ini segera dapat diatasi.
(Z003/E001)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011