London (ANTARA News) - Sumber-sumber yang dekat dengan Apple mengatakan bahwa peluncuran iPhone generasi berikutnya akan ditunda hingga September.

Rumor sudah beredar di Internet selama berminggu-minggu mengenai kapan iPhone 5 akan dilempar ke pasaran--dengan spekulasi kuat apakah perangkat baru itu merupakan perubahan radikal atau hanya evolusi dari versi sebelumnya.

Informasi terbaru tanggal peluncuran dikatakan datang dari tiga sumber yang berkaitan erat dengan perkembangan ponsel baru itu.

Dan, informasi itu tampaknya mengkonfirmasi kekhawatiran akan tertunda dari waktu peluncuran biasanya, Juni/Juli, ketika pemasok, yang sebagian terpengaruh tsunami Jepang bulan lalu, berjuang untuk bisa mengirimkan sesuai jadwal.   

Menurut sumber-sumber yang tidak disebut namanya, ponsel pintar baru itu akan memiliki prosesor lebih cepat tetapi sebagian besar akan mirip dengan iPhone 4 - menghanucrkan harapan akan perubahan radikal pada bentuk dan fitur-fitur baru.

Ketiga sumber itu, seperti dilaporkan Reuters dan dikutip Daily Mail, mengatakan bahwa produksi perangkat itu akan dimulai bulan Juli.

Apple biasanya meluncurkan versi baru dari ponsel populer itu pada Juni atau Juli selama World Wide Developer Conference, yang tahun ini dijadwalkan untuk 6-10 Juni.

Perusahaan itu berulang kali menolak berkomentar pada spekulasi bahwa penundaan dalam pengiriman komponen menghambat peluncuran ponsel baru.

Salah satu perubahan tampilan yang diisukan dalam perangkat baru itu adalah perubahan dari kaca ke metal di bagian belakangnya, seperti pada iPhone pertama.

Perubahan itu, bila benar, akan datang setelah Apple mengalami rasa malu atas kejadian yang disebut "antenna-gate" dengan iPhone 4.

Segera setelah ponsel diluncurkan Juni tahun lalu, para pengguna melaporkan bahwa kekuatan sinyal turun secara dramatis bila mereka menutup bagian bawah ponsel dengan tangan, fenomena yang dikenal sebagai "pegangan kematian."

Setelah pada awalnya membantah masalah itu, CEO Apple Steve Jobs mengatakan dalam jumpa pers yang diadakan dengan cepat:"Anda tahu, kami tidak sempurna. Kami tahu itu, anda tahu itu. Dan, ponsel itu juga tidak sempurna."

Dia menawarkan kepada semua pengguna iPhone 4 wadah yang terbuat dari karet untuk membantu mengurangi masalah.

Sebelumnya diisukan bahwa versi baru dari ponsel akan memiliki layar lebih luas 4 inci, sebagaimana chip A5 saat ini ditemukan dalam iPad 2.

Lebih banyak klaim aneh melaporkan APple mengembangkan versi iPhone yang lebih kecil, lebih murah dijuluki "iPhone Nano", mengikuti mp3 player iPod Nano.

Beberapa analis berspekulasi perangkat juga akan memasukkan kemampuan Near Field Communication, yang memungkinkan para pengguna menuggunakan ponsel seperti dompet untuk pembayaran wireless - seperti kartu kredit.

(ENY/S026)
 

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011