Cilacap (ANTARA News) - Wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kembali diguncang gempa pada pukul 14.24.57 WIB Selasa.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Ahmad Lani, dalam pesan singkat yang diterima ANTARA, gempa susulan itu berkekuatan 5,0 pada skala richter.

Menurut dia, gempa tersebut berlokasi di 8,46 derajat lintang selatan dan 108,36 derajat bujur timur atau 108 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 70 kilometer.

Sebelumnya, 6,3 SR mengguncang wilayah Kabupaten Cilacap, Selasa, pukul 13.39.33 WIB, yang berlokasi di 8,60 derajat lintang selatan dan 108.36 derajat bujur timur atau 120 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 24 kilometer.

Sementara itu, warga Cilacap tetap menjalankan aktivitas seperti biasa tanpa adanya kepanikan meskipun dua kali diguncang gempa.

"Warga di sini tetap tenang, tidak ada kepanikan. Mereka tetap menjalankan aktivitas seperti biasa," kata Heri, warga Keluarahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah.

Bahkan saat terjadinya gempa yang pertama, kata dia, warga tetap tenang meskipun beberapa orang tampak keluar rumahnya masing-masing dan masuk kembali setelah tenang.

(ANTARA/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011