Tahun ini (2011) kita harapkan akuisisi tersebut bisa dirampungkan
Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Tbk menargetkan proses akusisi saham operator selular Kamboja, CamGSM, tuntas tahun ini.

"Tahun ini (2011) kita harapkan akuisisi tersebut bisa dirampungkan," kata Direktur Utama PT Telkom, Rinaldi Firmansyah, di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, proses akuisisi sedang berlangsung dan tinggal menunggu kesepakatan harga penawaran.

Untuk masuk ke CamGSM, Telkom harus bersaing dengan tiga operator telekomunikasi lainnya yaitu dari Eropa dan Asia.

"Telkom menghendaki bisa menguasai minimal 51 persen saham atau mayoritas," ujarnya.

Rinaldi menjelaskan, ekspansi Telkom ke luar Indonesia sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu saat mengakuisisi saham perusahaan IT Scicom, dan bermitra dengan perusahaan asal Korea.

Sementara untuk akusisi CamGSM, Telkom sudah menyiapkan anggaran Rp1 triliun.

Dengan akuisisi tersebut, ia mengharapkan akan memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan.

Ia hanya menjelaskan, dana akuisisi diluar belanja modal (capex) 2011 yang dianggarkan sekitar Rp16 triliun-Rp17 triliun.

Sementara itu Executive General Multimedia Telkom Joddy Hermady, menuturkan aksi korporasi tersebut sudah masuk dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2011.

Saat ini jumlah operator selular di Kamboja sembilan perusahaan. Penetrasi seluler di negara berpenduduk 14 juta jiwa ini baru mencapai 40 persen.

"CamGSM menguasai pangsa pasar terbesar di sana. Dengan begitu potensi penetrasi pasar hingga 100 persen masih terbuka di sana," kata Joddy.

(R017/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011