Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan bahwa industri kreatif digital berpotensi menumbuhkan perekonomian bangsa.

Setelah meresmikan Indonesian ICT Award (INAICTA) 2011, Tifatul di Jakarta Selasa mengatakan, industri kreatif digital diharapkan dapat berkembang untuk meningkatkan ekonomi bangsa.

"Oleh karena itu, antara pihak inovator atau kreator dengan pihak industri harus saling `nyambung`, dengan kata lain perlu ada komunikasi di antara kedua pihak untuk meningkatkan perkembangan Telekomunikasi, Informatika, dan Komputer (TIK) di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan bahwa TIK diharapkan dapat menjadi sumber devisa baru bagi negara dan untuk menyerap tenaga kerja.

"Unsur kreatifitas dalam bidang TIK diarahkan untuk berperan bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia sehingga secara aktif dapat memberikan sumbangan dalam menciptakan kemakmuran bangsa," katanya.

Pada kesempatan yang sama, ia meresmikan ajang INAICTA 2011 yang diselenggarakan untuk mendorong dan menggali potensi dan kreativitas anak bangsa di bidang TIK.

Program itu bertujuan untuk menghasilkan produk dan jasa TIK yang berkualitas, memiliki daya saing, dan nilai juang ke pasar domestik, regional, hingga internasional.

"Melalui rangkaian kegiatan INAICTA 2011 diharapkan ada `exposur` signifikan terhadap karya-karya terbaik anak bangsa dan melalui partisipasi di INAICTA diharapkan mereka dapat dikenal luas oleh masyarakat pada umumnya dan calon pengguna di industri yang membutuhkannya baik lokal maupun internasional," katanya.

Indonesian ICT Award (INAICTA) 2011 adalah kegiatan lomba karya cipta TIK se-Indonesia.

Pada 2010 berhasil diperoleh 1000 karya digital dan diharapkan pada tahun 2011 akan kembali menuai sukses dan dapat memberikan "exposure" sebesar-besarnya kepada industri kreatif nasional guna memajukan ekonomi nasional.

Kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika itu merupakan gelaran di tahun kelima dimana kepanitiannya melibatkan peran serta para pemangku kepentingan (stakeholders) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari asosiasi, kalangan usaha, serta komunitas TIK di Indonesia.

Acara itu, tahun ini akan mengangkat tema "Peran Kreatifitas Digital untuk Mendukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional" (`Leverage Digital Creativity for National Economic Growth).

Peluncuran INAICTA 2011 juga sekaligus menandai dibukanya pendaftaran untuk keikutsertaan dalam lomba karya cipta TIK.

Para peserta dapat mulai mendaftar secara online di situs resmi INAICTA 2011 (www.inaicta.web.id) mulai 26 April 2011 dan penutupan pendaftaran pada 17 Juli 2011.

Selanjutnya, pemenang dari INAICTA 2010 juga akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional, seperti Asia Pacific ICT Award (APICTA), World Summit Award (WSA), atau BETT Award.

Acara yang terangkai dalam INAICTA 2011 adalah perlombaan karya cipta kreativitas digital dan inovasi di bidang TIK, Konferensi, Workshop dan Eksibisi, Kompetisi Game dan Robot, serta Business Matchmaking Program (BMP).

Puncak acaranya akan ditutup dengan penganugerahan penghargaan yang dijadwalkan akan dilangsungkan 4 dan 5 Oktober 2011 bertempat di Jakarta Convention Centre.

(H016/A027)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011