Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Mantiki III Jamaah Islamiah (JI) Natsir Abbas mengatakan, tewasnya pimpinan Al Qaeda Osama Bin Laden tidak berpengaruh dengan terorisme di tanah air.

"Tidak ada efek besar dari tewasnya Osama Bin Laden terhadap teroris di Indonesia," kata Natsir sebelum diskusi "Ancaman Terorisme Pasca Tewasnya Osama" di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Jakarta, Jumat.

Begitu pula dengan jaringan terorisme di Indonesia. Jaringan terorisme di Indonesia, kata dia, juga tidak ada kaitannya dengan Al Qaeda.

"Jaringan teroris di Indonesia itu adalah kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda, mereka bukan kaki langsung Al Qaeda," ujar Natsir.

Natsir sendiri meragukan berita kematian Osama Bin Laden sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden AS Barrack Obama.

"Kalau berita kematian Osama itu memang benar, pasti akan timbul kekecewaan, pasti timbul balas dendam. Tapi di Indonesia semua telah waspada dan bisa mempersempit gerakan aksi balas dendam karena di Indonesia jaringan teroris tidak berkaitan dengan Al Qaeda, cuma berafiliasi," kata Natsir.

Sebelumnya, Presiden AS Barrack Obama mengumumkan tewasnya Osama Bin Laden dalam aksi militer tentara AS, Namun Obama menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mempublikasikan wajah Osama Bin Laden.
(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011