Cagliari, Italia (ANTARA News/Reuters) - Juara dunia reli tujuh kali Sebastien Loeb sekali lagi memimpin jalannya lomba Reli Italia setelah pada hari pertama Jumat lalu juga berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam lomba yang berlangsung di Kepulauan Sardinia itu.

Loeb yang juga merupakan pemimpin klasemen sementara meninggalkan pesaing terdekatnya pembalap Citroen Petter Solberg dengan selisih waktu 33,2 detik pada lomba seri kelima dari 13 seri yang dijadwalkan musim ini.

Sementara itu tim legenda yang kembali turun di ajang reli dunia kali ini, tim Mini, harus mengalami pukulan awal setelah salah seorang pembalapnya, Kris Meeke, harus mundur pada stage ketiga, padahal pada stage pertama sebelumnya dia sempat berhasil mengalahkan catatan waktu Loeb.

Meskipun demikian, rekan setimnya Dani Sordo masih mampu bertahan dan saat ini menempati tempat keenam.

Mini, yang pada tahun 1960-an menjuarai reli Monte Carlo sebanyak tiga kali bersama mobil model Cooper-nya yang legendaris dan membuat pembalapnya Paddy Hopkirk menjadi sangat terkenal, pada musim ini turun dalam beberapa seri sebelum berlaga secara penuh pada 2012.

Pabrikan Mini sekarang dimiliki oleh BMW dan turun dengan dukungan manajemen Prodrive.

"Kami kecewa karena mendapat masalah secepat ini, namun saya senang dengan kecepatan yang bisa dikembangkan Kris bersama mobil kami kali ini," kata direktur teknik Tim Mini WRC David Lapworth kepada wrc.com.

"Kris saat itu benar-benar mampu memenuhi harapan kami dan catatan waktunya pada stage kedua juga sangat memuaskan. Dia membalap dengan tenang dan merasa nyaman dengan mobilnya. Jadi kami sangat menyesal atas apa yang telah dialaminya," ungkap Lapworth.(*)

(H-OKS/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011