Menlu AS kunjungi Indonesia, Malaysia, Thailand pada 13-16 Desember

Menlu AS kunjungi Indonesia, Malaysia, Thailand pada 13-16 Desember

Arsip--Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berbicara dalam Blue Dot Network Discussion di Pertemuan Dewan Menteri Organisasi Kerja sama Ekonomi dan Pengembangan di Paris, Prancis, Selasa (5/10/2021). (ANTARA FOTO/Patrick Semansky/Pool via REUTERS/aww/cfo)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken akan berkunjung ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand pada 13-16 Desember 2021, menurut keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Kamis.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Menlu Blinken akan menyampaikan pidato tentang kawasan Indo-Pasifik yang signifikan dan menekankan pentingnya kemitraan strategis AS-Indonesia.

Sementara dalam kunjungannya di Malaysia, Menlu Blinken akan mendorong kemitraan AS-Malaysia dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk dalam penanganan pandemi COVID-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca juga: Menlu AS janji kuatkan hubungan bilateral dengan Indonesia

Selanjutnya, dalam kunjungan di Thailand, Menlu Blinken akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap aliansi perjanjian AS-Thailand, mendorong kerja sama menuju pemulihan ekonomi pascapandemi, dan mengatasi krisis iklim.

Dalam setiap kunjungannya di tiga negara ASEAN itu, Blinken juga akan membahas tentang krisis yang kian memburuk di Myanmar.

Selama kunjungannya, Blinken akan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, pemimpin organisasi masyarakat sipil, pemangku kepentingan bisnis, dan personel kedutaan AS.

Menlu AS itu akan mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Honolulu, Hawaii pada 17 Desember.

Baca juga: Menlu AS akan kunjungi Indonesia 13-14 Desember
Baca juga: Indonesia sampaikan selamat terpilihnya Blinken sebagai menlu AS

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menlu AS minta semua pihak turunkan eskalasi konflik di Al Aqsa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar