Di masa sekarang peran insan penyiaran semakin diharapkan profesional.
Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven Liow mengatakan insan penyiaran dituntut menghadirkan konten berintegritas dan terpercaya.

"Dampaknya dapat membuat masyarakat bisa mencerna sebuah informasi dengan baik, menghadirkan siaran yang baik, mudah dipahami dan dapat dipercaya," kata Steven pada acara Anugerah Penyiaran Sulut 2021, di Manado, Kamis.

Insan penyiaran di daerah, menurut dia, harus punya andil besar dalam mengedukasi masyarakat di daerah, mendukung pemerintah daerah dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, termasuk memberikan informasi aktual.

Penyiaran, kata dia, mempunyai peran besar dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, dalam hal ini mengedukasi masyarakat.

Penyiaran juga menjadi garda depan yang selalu diharapkan menyajikan informasi terpercaya dan akurat kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham apa yang harus dilakukan.

"Di masa sekarang peran insan penyiaran semakin diharapkan profesional," katanya pula.

Anugerah Penyiaran Sulut 2021 menjadi penting dan sangat diperlukan untuk mengapresiasi, sekaligus meningkatkan insan penyiaran di daerah untuk bisa berbuat yang lebih lagi, lebih kreatif, dan lebih inovatif, namun tetap tidak melanggar ketentuan-ketentuan penyiaran hingga tetap mampu memberi dukungan terhadap pembangunan dan kemajuan bangsa.

"Memang sangat diperlukan bentuk-bentuk apresiasi kepada pelaku-pelaku penyiaran yang sudah memberikan pengaruh, dampak besar bagi kehidupan di masyarakat, juga bagi pembangunan bangsa dan daerah," katanya pula.

Anugerah Penyiaran Sulut 2021 ini, ujar dia lagi, menjadi penting dilaksanakan untuk menghargai karya, sekaligus memacu ke depan bisa terus konsisten menghadirkan siaran yang baik, dan bahkan bisa terpacu untuk menjadi lebih baik.

Dia berharap, apresiasi kepada insan penyiaran ini akan terus dilaksanakan, hingga berdampak bagi kualitas penyiaran di daerah.

"Penyiaran di daerah ini terus menjadi unsur yang ikut mengiringi pembangunan dan kemajuan bangsa dan daerah Sulawesi Utara, mendukung kinerja pemerintah daerah, dan bersama-sama memberikan dampak baik bagi kemajuan bangsa dan daerah," kata Steven pula.
Baca juga: MUI beri penghargaan ASR untuk insan penyiaran
Baca juga: Insan media penyiaran dari 13 negara bertemu di China

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021