Olbia, Italia (ANTARA News/AFP) - Juara dunia reli WRC tujuh kali Sebastien Loeb menjuarai Reli Italia pada Minggu untuk mencetak kemenangan yang ke-63 sepanjang karirnya dan yang keempat kalinya di seri reli Italia itu sehingga memperkokoh kepemimpinannya dalam klasemen sementara pebalap.

Pebalap Finlandia Mikko Hirvonen finish di posisi kedua, dan pereli Norwegia Petter Solberg berada di tempat ketiga.

Rekan senegara Loeb yang juga rekan setimnya Sebastien Ogier, yang pada seri reli ini sebenarnya tengah mengincar kemenangan ketiganya secara berturut-turut, sempat memberi perlawanan sengit untuk merebut podium Loeb, namun semua kerja kerasnya itu terpaksa harus berakhir ketika mobilnya mengalami kerusakan suspensi setelah menghantam sebuah karang pada trayek khusus (special stage) ke-17.

Pebalap muda Prancis itu akhirnya finish di tempat keempat.

Hirvonen berhasil mengurangi ketertinggalan dalam perburuan poin setelah dia merebut `Power Stage`, yang merupakan model trayek baru dalam WRC pada musim ini, sehingga memberinya tambahan tiga poin di klasemen sementara pebalap.

Pabrikan Mini yang kembali turun dalam kejuaraan ini mendapat hasil awal yang cukup memuaskan ketika Dani Sordo pembalap Spanyol berhasil finish di tempat keenam.

Pada musim ini Mini akan turun pada beberapa seri reli sebelum turun penuh pada 2012.

Reli selanjutnya akan diadakan di Argentina pada 26-29 Mei, yang merupakan seri keenam dari 13 seri yang dipertandingkan musim ini.(*)

(H-OKS/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011