Kathmandu (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Nepal berusia 82 tahun tewas ketika berusaha menjadi pendaki tertua Puncak  Everest, demikian diumumkan pejabat negara, Senin.

Shailendra Kumar Upadhyaya tewas Senin petang, beberapa jam setelah tiba di "camp one" dalam usahanya melakukan pendakian. kata ofisial kepada AFP melalui telepon dari Everest. Penyebab kematiannya belum diketahui.

Upadhyaya sebelumnya menyatakan, ia ingin meningkatkan kewaspadaan tentang kesanggupan orang tua dalam mendati gunung tinggi, yang sudah benyak menyebabkan tewas para pendaki.

"Mantan pendaki itu tewas sekitar pukul 4:00 pm Senin," kata ofisial pemerintah Tilak Pandey.

Bila ia berhasil mendaki, Upadhyaya akan menjadi pendaki tertua yang berada di puncak Everest, mengalahkan rekor sebelumnya yang disandang Min Bahadur Sherchan, yang menaklukkan puncak gunung itu dalam usia 76 tahun, tiga tahun lalu.

Sudah sekitar 3.000 orang mendaki Everest sejak Edmund Hillary dan Tenzing Norgay menjadi pendaki pertama yang menaklukkan puncak setinggi 8.848 meter (29.028 kaki) itu pada 1953.

Mei dianggap sebagai waktu sesuai untuk mendaki Pegunungan Mimalaya Nepal dan sudah sekitar satu lusin pendaki, kabanyakan dari Nepal, yang mencapai puncak gunung itu pada tahun ini.

Ratusan pendaki lain sudah berada di bagian bawah gunung, menantikan waktu terbaik untuk melakukan pendakian menunju puncak yang menjulang tinggi itu.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011