Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta anak-anak asuhnya untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang Laos dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Minggu (12/12).

"Pemain harus memanfaatkan semua peluang karena ada kemungkinan kelolosan dari fase grup ditentukan oleh selisih gol. Jadi saya mau pemain membuat banyak gol," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Sabtu.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, secara kualitas, Indonesia lebih baik dibandingkan Laos.

Baca juga: Shin Tae-yong tegaskan peran Evan Dimas penting di timnas Indonesia

Laos sudah dua kali kalah di Grup B, dari Vietnam dan Malaysia, dengan total kebobolan enam gol dan belum memasukkan gol. Hasil tersebut membuat Laos menjadi juru kunci di klasemen sementara Grup B.

Tim nasional Indonesia sendiri bertengger di peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi tiga poin hasil kemenangan 4-2 atas Kamboja, Kamis (9/12).

"Yang penting, besok, pemain harus fokus dan kerja keras di lapangan," tutur Shin.

Baca juga: Shin Tae-yong yakin kualitas pertahanan timnas Indonesia membaik

Meski di atas kertas timnya diunggulkan, pria berusia 52 tahun itu berharap skuad "Garuda" tidak menganggap remeh lawan.

Evan Dimas dan kawan-kawan pun diinstruksikan untuk tampil sesuai dengan taktik pelatih dan eksplosif sepanjang pertandingan. Shin tidak mau situasi seperti saat bersua Kamboja terulang.

"Ketika bertemu Kamboja, kami menekan mulai dari depan dan itu membahayakan lawan. Namun, fisik pemain menurun di babak kedua sehingga kami kemasukan gol," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Pertandingan Indonesia versus Laos berlangsung mulai pukul 16.30 WIB atau 17.30 waktu Singapura. Penting bagi skuad "Garuda" untuk memenangkan laga tersebut demi menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Setelah melawan Laos, Indonesia akan bersua dua tim kuat yaitu Vietnam pada Rabu (15/12) dan Malaysia, Minggu (19/12).

Baca juga: Indonesia raih kemenangan perdana Piala AFF 2020 kalahkan Kamboja 4-2


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021