Banjarbaru (ANTARA) - Pesawat Hercules A-1303 membawa  17 koli bantuan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

"Bantuan kemanusiaan ini terdiri dari Lanud sendiri, PIA AG Cab.11/D.II Lanud SAM dan juga elemen masyarakat Kalsel," kata Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago di Banjarbaru, Minggu.

Menurut dia, bantuan sosial berupa sembako makanan siap saji, mie instan, obat-obatan, selimut, kasur, pampers dan sejumlah barang kebutuhan lainnya tersebut merupakan bentuk kepedulian dan rasa solidaritas atas bencana alam yang terjadi.

"Diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban terdampak erupsi yang kini sangat membutuhkan kepedulian kita semua," tuturnya.
Personel Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin mengangkat bantuan untuk dibawa Pesawat Hercules. (ANTARA/Firman)


Yulmaizir mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalsel yang turut peduli dengan memberikan bantuan melalui Lanud Sjamsudin Noor.

Dia memastikan TNI AU siap mendukung distribusi setiap bantuan yang akan dikirimkan untuk para korban bencana alam di seluruh tanah air.

Diketahui Hercules milik TNI AU merupakan pesawat angkut yang sangat strategis dalam mendistribusikan bantuan dan pergeseran personel setiap kali bencana.

"Seperti bencana banjir besar di Kalsel Januari lalu, pesawat Hercules sangat berperan dalam pergeseran logistik bantuan dan personel dari sejumlah daerah," timpalnya.
Baca juga: TNI AU kerahkan pasukan khusus bantu evakuasi korban letusan Semeru
Baca juga: Panglima TNI kerahkan prajurit bantu penanganan bencana Semeru

Baca juga: TNI tambah alat berat bantu BNPB sisir korban letusan Gunung Semeru

Pewarta: Firman
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021