segera petakan strategi percepatan, terutama untuk daerah dengan jumlah penduduk besar namun fasilitas kesehatannya terbatas
Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengingatkan pemerintah daerah di 35 kabupaten/kota untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan menyusun strategi percepatan masing-masing.

"Percepat vaksinasi, segera petakan strategi percepatan, terutama untuk daerah dengan jumlah penduduk besar namun fasilitas kesehatannya terbatas sehingga nanti bisa tahu apa yang mesti dibantu. Umpama tenaga kesehatan, umpama vaksin, umpama peralatan dan seterusnya," kata Ganjar di Semarang, Senin.

Baca juga: Ganjar minta tiga kabupaten di Jateng percepat vaksinasi

Menurut Ganjar, beberapa strategi yang bisa digunakan oleh daerah untuk melakukan percepatan vaksin adalah dengan menggandeng banyak pihak seperti TNI, Polri, atau sukarelawan untuk membuka sentra vaksinasi.

Ganjar juga mengingatkan sejumlah daerah yang stok vaksin COVID-19-nya mendekati masa kedaluwarsa agar segera disuntikkan kepada warga.

Baca juga: Mobil Kemenparekraf bantu percepatan vaksinasi di Wonosobo-Jateng

"Kami tidak mau kecolongan seperti dulu sehingga vaksinnya gak kepakai, namun ada beberapa yang mestinya selesai pada minggu ini, kecil-kecil menurut saya bisa diselesaikan dengan cepat disuntikkan hari ini juga akan selesai," ujarnya.

Selain itu, lima bus vaksin yang dimiliki Pemprov Jateng juga terus bergerak untuk membantu percepatan di tiga kabupaten yang minggu lalu jadi sorotan karena capaiannya belum 70 persen yakni Kabupaten Tegal, Pemalang dan Brebes.

Baca juga: Dinkes sebut 19 juta warga Jawa Tengah telah divaksin COVID-19

Baca juga: Vaksinasi anak di Kudus tunggu vaksinasi lansia capai 60 persen

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021