Target kami, setelah capaian vaksinasi untuk lansia mencapai 60 persen berikutnya dijadwalkan vaksinasi anak
Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, merencanakan vaksinasi COVID-19 terhadap anak dilaksanakan setelah capaian vaksinasi terhadap kelompok lanjut usia (lansia) mencapai 60 persen dari jumlah sasaran.

"Target kami, setelah capaian vaksinasi untuk lansia mencapai 60 persen berikutnya dijadwalkan vaksinasi anak," kata Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Senin.

Untuk itulah, kata dia, masing-masing camat diinstruksikan untuk membantu capaian tersebut bisa terpenuhi dengan memerintahkan masing-masing kepala desa untuk mengecek apakah masih ada warganya yang belum vaksinasi.

Baca juga: Kudus dapat tambahan 7.000 dosis vaksin COVID-19 untuk lansia

Ia juga menargetkan masing-masing puskesmas di Kudus bisa meningkatkan capaian vaksinasinya dari sebelumnya hanya 330 dosis per hari menjadi 500 dosis per harinya.

Jika capaian tersebut bisa dipenuhi maka target vaksinasi lansia akhir bulan Desember 2021 sebesar 60 persen tentunya bisa tercapai, selanjutnya vaksinasi anak.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Kudus mencapai 45,3 persen

Tim vaksinasi juga didorong untuk mengoptimalkan vaksinasi karena saat ini tersedia 57.000 dosis, sedangkan 11.000 dosis di antaranya mendekati kedaluwarsa.

"Kalaupun kesulitan menghabiskan maka harus dikoordinasikan agar bisa dialihkan ke kabupaten lain yang masih membutuhkan," ujarnya.

Baca juga: Usai dosen, 1.500 mahasiswa Universitas Muria Kudus jalani vaksinasi

Belasan ribu dosis vaksin yang mendekati masa kedaluwarsa tersebut, merupakan vaksin jenis AstraZeneca. Sedangkan vaksin untuk anak-anak nantinya vaksin Sinovac.

Sementara capaian vaksinasi secara umum hingga tanggal 8 Desember 2021 sudah mencapai 73 persen dari sasaran 665.884 orang untuk dosis pertama dan dosis kedua sebesar 52,71 persen. Sedangkan lansia mencapai 57,04 persen untuk dosis pertama. 

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi COVID-19 anak 6-11 tahun mulai Selasa besok

Baca juga: Pemkot Bekasi susun skema vaksinasi COVID-19 untuk anak

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021