Kami yakin pertumbuhan ini akan terus meningkat hingga akhir tahun 2023
Jakarta (ANTARA) - RedDoorz, platform akomodasi dan perhotelan terbesar di Asia Tenggara, mencatat kenaikan jumlah pemesanan (booking) kamar hingga mencapai 60 persen yang antara lain dipicu adanya pertandingan sepakbola Piala Dunia U-17.

"Pada awal November 2023, RedDoorz berhasil membukukan rekor tertinggi kenaikan jumlah booking hingga mencapai 60 persen hanya dalam waktu satu minggu," jelas Head of Integrated Communications RedDoorz Indonesia Cut Nany Indriani dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, adanya kenaikan booking di beberapa kota yang dipicu oleh banyaknya kegiatan skala nasional dan internasional, selain pertandingan Piala Dunia U-17, tes CPNS nasional, konser musik mancanegara hingga festival budaya. Okupansi hotel RedDoorz dan multi-brand di Solo, Yogyakarta, Jakarta dan Palembang bahkan meningkat hingga 60 persen pada minggu pertama November 2023.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebut kamar-kamar hotel di empat kota tempat pelaksanaan pertandingan, yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya, sudah terisi hingga 60-70 persen.

Okupansi hotel diperkirakan akan terus meningkat selama Piala Dunia U-17 berlangsung 10 November-2 Desember 2023.

Dari data RedDoorz terlihat bahwa wisatawan lebih banyak melakukan booking untuk hotel-hotel RedDoorz dan multi-brand yang berada di Palembang, Yogyakarta, Solo, Bandung, dan Makassar.

"Capaian rekor ini merupakan hasil dari strategi yang telah dilakukan RedDoorz dalam menyambut berbagai kegiatan di bulan ini, antara lain melalui peningkatan performa dan fitur di aplikasi untuk kemudahan proses booking, serta optimalisasi kecerdasan buatan (AI) untuk automasi pelayanan," katanya.

Dikatakan pula, di minggu pertama November 2023, RedDoorz juga melihat adanya perubahan perilaku wisatawan dalam memesan hotel. Sebelumnya, wisatawan lebih banyak yang melakukan booking pada H-1 sebelum menginap hingga hari H atau biasa disebut dengan spontaneous traveler.

Tapi kini semakin banyak wisatawan yang melakukan booking untuk waktu check-in satu hingga dua minggu ke depan. Hal ini menunjukkan jika hotel RedDoorz dan multi-brand semakin dipercaya sebagai akomodasi penginapan pilihan pertama travelers.

"Penyelenggaraan berbagai penyelenggaraan nasional dan internasional ini memberikan gairah pada kinerja bisnis perhotelan di Indonesia sekaligus mendongkrak pergerakan wisatawan nasional dan mancanegara. Kami yakin pertumbuhan ini akan terus meningkat hingga akhir tahun 2023," katanya.

Baca juga: RedDoorz akan tingkatkan pelanggan loyal dari kelompok korporat
Baca juga: RedDoorz rencanakan IPO pada 2027 untuk ekspansi di Asia Tenggara
Baca juga: RedDoorz: penjualan kamar ramai pada masa libur sekolah

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023