Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi optimistis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap anak berusia 6-11 tahun di Kepulauan Teluk Jakarta itu bisa berjalan lebih cepat dibanding wilayah daratan di DKI.

Junaedi mengatakan optimisme tersebut berdasarkan total perolehan vaksinasi di Kepulauan Seribu masih tertinggi se-DKI Jakarta dengan pencapaian dosis pertama sudah lebih dari 90 persen dan dosis kedua sebanyak 86 persen.

Baca juga: Vaksinasi anak 6-11 tahun pada enam lokasi di Jakut mulai Selasa besok

"Sehingga vaksinasi Alhamdulillah kita sudah mendapatkan penghargaan untuk Kepulauan Seribu terkait dengan pencapaian vaksinasi. Kepulauan Seribu sekarang sudah memasuki zona hijau tua terkait COVID-19," kata Junaedi saat ditemui di Gedung Mitra Praja, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun itu akan berlangsung serentak di DKI Jakarta. Untuk mengakselerasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bekerja sama dengan sejumlah sekolah yang ada di kepulauan berpenghuni kawasan Kepulauan Seribu.

Junaedi dijadwalkan untuk memantau pelaksanaan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun di sekolah sekitar Pulau Panggang.

Karena jumlah sekolah yang tidak terlalu banyak dibanding di daratan Jakarta, Junaedi meyakini hasil vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun itu sudah dapat terlihat dalam kurun waktu sepekan.

"Mungkin akan lebih cepat karena jumlah sekolah tidak banyak. Jumlah siswa pun tidak banyak dibanding di darat ya. Besok saya di sekolahan di Pulau Panggang, dan mudah-mudahan dalam tempo seminggu kita akan terlihat hasilnya," tutur Junaedi.

Baca juga: Pemprov DKI jadwalkan vaksinasi COVID-19 bagi anak pada pekan depan

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar "kick off" vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 6-11 tahun mulai Selasa besok.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan itu saat dikonfirmasi ANTARA pada Senin

Adapun aturan vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

Tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Adapun Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim berencana memantau pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di SD Negeri 07 Pegangsaan Dua.

Baca juga: DKI segera laksanakan vaksinasi anak umur 6-11 tahun

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021