Samarinda (ANTARA) - Status zona hijau COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur menjadi enam
wilayah setelah Kota Samarinda berhasil menjadikan wilayahnya zero kasus berdasarkan update kasus harian, Senin.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan lima wilayah yang lebih dulu menuntaskan kasus penularan virus corona diantaranya Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Panajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Berau dan Kabupaten Paser.

"Saat ini tinggal empat wilayah di Kaltim
yang masih berstatus zona kuning di antaranya Kutai Timur dengan sembilan pasien positif COVID-19 yang masih tersisa, Bontang dengan delapan pasien positif, Kuta Barat dengan empat pasien positif dan Balikpapan dengan tiga pasien positif," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menyebutkan jumlah keseluruhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kaltim yang masih menjalani perawatan hanya tersisa 24 orang.

Baca juga: Satgas laporkan lima kabupaten di Kaltim sudah zona hijau COVID-19

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Kaltim tersisa 32 orang


"Berdasarkan update kasus harian telah terjadi penambahan sebanyak enam kasus sembuh, tiga kasus terkonfirmasi positif dan untuk pasien meninggal dunia tidak terjadi penambahan," kat Andi.

Dia menegaskan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.276 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.800 kasus, dan pasien yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

Menurut Andi, keberhasilan sejumlah wilayah menurunkan angka penyebaran virus corona hingga menyentuh zero kasus tidak lepas dari upaya dan kerja keras tim satgas COVID-19 di Kabupaten dan Kota masing- masing.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten dan Kota yang sudah menuntaskan kasus COVID-19 di wilayahnya tetap mempertahankan aturan dan kebijakan kepada wargannya, khususnya menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

"Pengalaman tahun sebelumnya, momen Natal dan tahun baru harus tetap menjadi perhatian serius supaya terhindar dari lonjakan kasus," kata Andi.*

Baca juga: KKP: 20 ABK kapal asal Vietnam positif COVID-19 di Muara Berau

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kaltim bertambah lima orang

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021