Pontianak (ANTARA News) - Rudy Setyo Utomo dan Ridho Brilliantoro masing-masing menjadi juara pertama lomba karya tulis dengan tema pengembangan energi terbarukan dan ketahanan pangan yang digelar PT Perkebunan Nusantara XIII.

"Konsep tentang pengembangan energi terbarukan dan ketahanan pangan yang disajikan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga perlu segera disosialisasikan," kata Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PN) XIII, Kusumandaru NS di Pontianak, Kamis.

Menurut dia, lomba yang digelar PTPN XIII itu diharapkan pula mendorong kreativitas dan inovasi untuk menjadi bagian dari kehidupan agar lebih maju dan berkembang serta sukses di masa mendatang.

Ia melanjutkan, ada 135 peserta yang menyampaikan karya ilmiah ke PTPN XIII dalam lomba yang digelar terkait HUT ke-15 perusahaan perkebunan tersebut.

"Semua menghasilkan karya yang inovatif dan kreatif, namun tetap harus ada yang terbaik dari yang terbaik," kata dia menegaskan.

Secara rinci, hasil lomba tersebut untuk kategori konsep energi terbarukan, keluar sebagai juara pertama, Rudy Setyo Utomo dengan judul "Teknologi penggunaan minyak nabati sebagai bahan bakar kompor rumah tangga dan bahan bakar lainnya".

Juara kedua Helmiady SSi dengan judul "Pemanfaatan limbah cair CPO untuk memproduksi gas hidrogen sebagai sumber energi terbarukan". Dan juara ketiga, Syaifurrahman ST, MT dengan judul "Pembangkit listrik tenaga biogas limbah kelapa sawit".

Sementara kategori konsep ketahanan pangan, juara pertama dimenangkan Ridho Brilliantoro dengan judul "L-Food, Produk fortifikasi berbagai olahan pangan berbasis labu kuning".

Juara kedua diraih Debi Heristian dengan judul "Budidaya ikan nila di Kalimantan Barat: prospek ekonomi dan pemenuhan kebutuhan gizi keluarga". Dan juara ketiga, Maya Santi dengan judul "Pemanfaatan daun ubi kayu (Manihot Utilisima Pohl) sebagai bahan baku alternatif pembuatan tempe". (*)
(T.T011/Z002) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011