kami data dengan mengumpulkan dari Dapodik
Jakarta (ANTARA) - Sekolah di Jakarta Utara bisa membantu melakukan pendataan dan fasilitasi terhadap anak yang belum mengikuti program vaksinasi anak usia 6-11 tahun di lokasi masing-masing.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara Purwanto di Jakarta, Selasa, mengatakan pihaknya akan mengumpulkan data-data tersebut dari sekolah dan mencocokkan jumlahnya dengan jumlah pada data pokok pendidikan (Dapodik).

"Tadi yang disampaikan pak Wali ada 204.009. Itu info data dari Dukcapil, seluruh Jakarta Utara. Nah sementara kami belum mendata, nanti akan kami data dengan mengumpulkan dari Dapodik. Jadi, di Dapodik kan setiap sekolah ada jumlah (siswa)-nya berapa," ujar Purwanto.

Purwanto menjelaskan penjadwalan kelurahan yang melaksanakan vaksinasi di sekolah-sekolah wilayah dua Jakarta Utara tetap dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas kecamatan.

"Pelaksanaannya misal hari ini SDN 07, besok SDN 05, besok lagi SDN 03 dan seterusnya. Itu yang menjadwalkan dari Puskesmas kecamatan. Jadi, bukan dari kami (Sudin Pendidikan Wilayah II Jakut), itu dari Dinkes lalu ke Puskesmas," kata Purwanto.

Baca juga: Takut jarum suntik, siswa SD menangis saat vaksinasi di Jaksel

Dengan demikian, katanya, Sudin Pendidikan Wilayah II Jakut tinggal menyiapkan aneka kebutuhan saat pelaksanaan, baik anak, tempat serta tenaga pembantunya.

"Kalau semuanya dari Puskesmas kan berat juga. Jadi, kami ada bantuan dari guru juga, untuk membantu mendata dan lain-lain. Sekolah dalam hal ini memfasilitasi dan menyiapkan anaknya," kata Purwanto.

Sebelumnya Wali Kota Jakarta Utara mengatakan setiap kelurahan di Jakarta Utara akan melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun hingga target 204.009 anak tervaksin COVID-19 jenis Sinovac di wilayah itu bisa tercapai.

"Akan dilaksanakan di seluruh kelurahan. Masing-masing kelurahan kita kerjakan sampai selesai, baru sekolah-sekolah berikutnya, termasuk swasta," ujar Ali di SDN 07 Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Selasa.

Ditambahkan Purwanto, SD Negeri di wilayah II Jakarta Utara mencakup Cilincing, Koja dan Kelapa Gading itu ada sekitar 80 sekolah, belum termasuk sekolah dasar swasta.

Baca juga: Setiap kelurahan Jakarta Utara akan laksanakan vaksinasi anak

Ia memastikan fasilitas dan sarana penunjang sekolah tersebut siap dimanfaatkan untuk pelaksanaan vaksinasi anak, kapan saja dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021