Saat ini wilayah Kaltim yang berstatus zona hijau tinggal lima wilayah diantaranya
Samarinda (ANTARA) - Kota Samarinda kembali berstatus zona kuning COVID-19 setelah adanya tambahan satu pasien terkonfirmasi positif berdasarkan update kasus harian, Selasa.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan sehari sebelumnya yakni pada Senin (13/12) Kota Samarinda berhasil menuju zero kasus, dan menambah daftar zona hijau di Kaltim menjadi enam wilayah.

" Saat ini wilayah Kaltim yang berstatus zona hijau tinggal lima wilayah diantaranya Mahakam Ulu, Panajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Paser dan Berau," kata Andi Muhammad Ishal di Samarinda.

Andi menambahkan untuk empat wilayah Kaltim lainnya yakni Kutai Timur, Bontang, Balikpapan dan Kutai Barat juga bertahan di zona kuning COVID-19.

Menurut Andi berdasarkan update kasus harian telah terjadi penambahan sebanyak tujuh kasus terkonfirmasi positif, tidak ada penambahan kasus sembuh dan meninggal dunia.

Dengan adanya tambahan kasus baru tersebut menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.283 kasus dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.800 kasus, sedangkan kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

" Untuk pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim hanya tersisa 31 orang," jelas Andi.

Andi terus mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari, pasalnya penyebaran virus masih terjadi dengan adanya bukti kasus baru terkonfirmasi positif dalam setiap update kasus harian.

" Kami berharap masyarakat juga lebih pro aktif melaksanakan progam vaksinasi COVID-19 untuk mencapai target sasaran 70 persen hingga akhir tahun," kata Andi Muhammad Ishak.
Baca juga: PKT gelar program Gaspol 10.000 Vaksin untuk masyarakat Kaltim
Baca juga: Gubernur: Presiden masih janjikan pengiriman vaksin ke Kaltim
Baca juga: Presiden tinjau penyuntikan 24 ribu dosis vaksin COVID-19 di Kaltim

Pewarta: Arumanto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021