Bandung (ANTARA News) - Hunian hotel di Kota Bandung pada libur panjang akhir pekan melonjak dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

"Tingkat hunian hotel di Bandung sejak Jumat kemarin mencapai 80-90 persen, diprediksi puncak hunian Minggu dan Senin besok," kata Ketua Bidang Pariwisata dan Perhotelan Kota Bandung Momon Abdurahman di Bandung, Minggu.

Menurut Momon, libur panjang akhir pekan dan libur bersama termasuk Hari Raya Waisak tersebut membuat Bandung diserbu warga Jabotabek. 

Peningkatan okupansi hotel pada liburan panjang akhir pekan diakui Manajer Marketing Hotel Papandayan Eddy Sunarno yang menyebutkan tingkat hunian hotel yang dikelolanya mencapai 90 persen.

"Sekitar 90 persen kamar hotel sudah dipesan sejak beberapa hari lalu, diprediksi sisanya akan habis terisi pada Minggu dan Senin besok," kata Eddy.

Ia mempersiapkan paket khusus untuk liburan akhir pekan, salah satunya sajian menu makanan khas.

Hotel-hotel di Kota Bandung sejak Jumat sore sudah mulai dipadati mobil-mobil berplat nomor Jakarta.

"Rata-rata mereka memesan untuk dua hingga tiga hari," kata Eddy.

Sementara itu aliran kendaraan wisata dari Jakarta ke Bandung sudah terlihat sejak Sabtu pagi hingga sore hari.

Pagi hari kendaraan masuk melalui Pintu Tol Pasteur mengalir memasuki Bandung, sedangkan petang hari mulai pukul 14.00 WIB mengalir menuju Jakarta.

Antrian kendaraan mengular hingga tiga kilometer termasuk di atas Jembatan Paspati Kota Bandung. 

Kawasan Bandung Utara dan kawasan perbelanjaan FO di Jalan Martadinata dan Jalan Dago menjadi tempat favorit untuk dikunjungi, selain kawasan Cihampelas.

Diprediksi aliran wisatawan dari Jabodetabek ke Kota Bandung mencapai puncaknya Minggu dan Senin dengan sebagian masuk melalui jalur pintu tol Pasteur.

Khusus di kawasan wisata Bandung Utara, digelar festival seni, budaya dan pariwisata Gunung Tangkuban Parahu di Cikole, Lembang, yang akan dibuka oleh Ketua DPR Marzuki Ali dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.(*)

S033/Y003

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011