Bangkok (ANTARA News/TNA-0ANA) - Thailand meminta tetangganya Myanmar untuk mempertimbangkan membuka kembali pos pemeriksaan perbatasan Mae Sot-Myawaddy yangditutup sejak Juli lalu dalam upaya meningkatkan perdagangan lintas batas dan investasi kedua negara, kata pejabat Deputi Menteri Perdagangan Alongkorn Ponlaboot.

Permintaan itu telah disampaikan awal bulan ini saat pertemuan Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN di Indonesia, kata Alongkorn.

Dia menambahkan, Thailand berterima kasih kepada pemerintah Myanmar untuk mengkaji larangan 15 barang impor Thailand.

Perbatasan perdagangan dan transportasi di perbatasan Mae Sot-Myawaddy dihentikan setelah para pejabat Myanmar menutup perbatasan Thailand-Myanmar di penyeberangan Jembatan Persahabatan Sungai Moei dan di lebih dari 20 pelabuhan perdagangan lintas batas di sepanjang sungai itu Juli lalu.

Pemerintah Myanmar tidak senang dengan bangunan perlindungan tepi sungai di sisi Thailand karena konstruksi itu menyebabkan tanah dan bebatuan jatuh ke sungai.

Mengenai pembangunan pelabuhan laut dalam Tavoy yang sedang dibangun oleh perusahaan Thailand, proyek itu diharapkan selesai tahun 2013, katanya.

Pelabuhan laut dalam itu bisa menerima hingga 300.000 ton bobot mati dan akan memfasilitasi kegiatan pelayaran ke Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia Selatan.

Megaproyek itu dirancang untuk membantu para anggota ASEAN dalam berbagi produksi di kawasan itu.(*)

H-AK/B002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011