London (ANTARA News/AFP) - Harga minyak turun pada Senin waktu setempat, setelah euro sempat menukik ke dekat titik terendah tujuh minggu terhadap dolar AS karena krisis utang zona euro dan setelah penangkapan kepala Dana Moneter Internasional (IMF), Dominique Strauss Kahn, kata para pedagang.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Juni, atau West Texas Intermediate (WTI), turun 1,15 dolar menjadi 98,50 dolar per barel.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni turun 49 sen menjadi 113,34 dolar AS diakhir transaksi London, mundur kembali dari kerugian sebelumnya lebih dari satu dolar AS hari ini. Meskipun jatuh, minyak mentah berjangka masih berada pada tingkat historis yang tinggi.

Euro merosot pada Senin menjadi 1,4048 dolar, mencapai titik terendah sejak 39 Maret. Euro kemudian pulih ke 1,4216 dolar, lebih tinggi dari penutupan Jumat.

Sebuah greenback yang lebih kuat membuat komoditas dalam mata uang dolar lebih mahal untuk pembeli yang menggunakan mata uang lemah. Ini cenderung membebani permintaan dan percikan penurunan harga.

"Permintaan safe-haven dolar AS memukul harga komoditas," kata Commerzbank Carsten Fritsch.

Ia menimpali, "Dolar AS lebih kencang, yang semakin menguntungkan dari menggunungnya keprihatinan tentang masa depan zona euro, adalah sumber utama dari tekanan di sini."

"Penangkapan kepala IMF Strauss-Kahn sesaat sebelum pertemuan menteri keuangan zona euro hari ini telah membuat persetujuan cepat dari paket bantuan baru untuk Yunani,"tambahnya.

Penangkapan kepala IMF melemparkan awan raksasa di atas pertemuan menteri keuangan Uni Eropa pada Senin, untuk menyetujui penyelamatan untuk Portugal, memerangi kebakaran utang baru di Yunani dan sebuah nama presiden baru untuk ECB.

Direktur dana Moneter Internasional Strauss-Kahn, penting dalam usaha global untuk menjinakkan krisis utang Eropa di tengah kekhawatiran itu bisa melepaskan penyakit menular baru di pasar keuangan, yang telah diumumkan pada pembicaraan Brussels.

Sebaliknya, seorang hakim New York menolak jaminan meskipun ada tawaran dari tim pembelaannya untuk memasang satu juta dalam kas dan menyerahkan semua dokumen perjalanannya.

Hakim memerintahkan kepala IMF ditahan, dua hari setelah ia melepaskan sebuah pesawat dan dituduh mencoba memperkosa seorang pelayan hotel Manhattan.

Di Brussels, para menteri keuangan berkumpul mendukung sebuah bailout Uni Eropa-IMF untuk Portugal sebesar hingga 78 miliar euro (110 miliar dolar), sementara Yunani bergerak lebih dekat untuk mengamankan istilah bailout yang lebih baik.

Harga minyak tenggelam pekan lalu didorong meningkatnya kekhawatiran bahwa tingkat harga tinggi bisa mengikis permintaan energi.

Badan Energi Internasional pekan lalu memangkas prospek pertumbuhan permintaan minyak global 2011 dengan 190.000 barel per hari karena harga minyak yang tinggi dan pemulihan lemah di negara-negara kaya.

(Uu.A026)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011