Solo (ANTARA News) - Sebanyak tiga menteri, yakni Menteri Pendidikan Nasional, M. Nuh, Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, akan mengikuti Kirab Budaya Nusantara, di Solo, Sabtu (21/5), dengan naik kereta kencana.

"Kirab budaya tersebut dalam rangka memeriahkan Pekan Informasi Nasional (PIN) tanggal 19-21 Mei 2011, di Taman Budaya Jawa Tengah, di Jalan Ir Sutami Solo," kata Panitia Kirab Budaya Nusantara, Mupti Raharjo, di Solo, Selasa.

Kirab itu juga akan menampilkan beraneka ragam pakaian adat yang dibawakan oleh peserta PIN.

Pihak panitia telah memberikan surat kepada seluruh peserta PIN terkait dengan keikutsertaan mereka saat kirab tersebut.

Kirab yang dimulai dari Lapangan Kota Barat dan berakhir di halaman balai kota setempat itu juga akan dimeriahkan dengan penampilan dua ekor gajah dan empat unta koleksi Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Solo.

"Dua gajah dan empat unta itu memang akan disertakan dalam kirab budaya tersebut, tetapi siapa yang akan naik binatang tersebut sampai sekarang belum diputuskan," katanya.

Selain itu kelompok marching band berasal dari Akademi Angkatan Udara dengan 200 personil juga akan tampil memeriahkan kirab tersebut.

Hingga saat ini, katanya, 10 provinsi telah menyatakan ikut kirab tersebut.

Mereka yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua, Kalimantan Barat, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Bangkulu.

Peserta kirab berasal dari utusan provinsi akan memakai baju adat daerah masing-masing.

Selain itu, katanya, kirab juga akan diikuti seniman berasal dari sanggar seni budaya dan pelajar yang jumlah total sekitar 2.000 orang.
(U.J005/M029)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011