Kirab budaya tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Pekan Informasi Nasional (PIN) tanggal 19-21 Mei 2011 di Taman Budaya Jawa Tengah di Jalan Ir Sutami, Solo.
Solo (ANTARA News)- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M.Nuh, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, dengan naik kereta kencana akan mengikuti Kirab Budaya Nusantara, di Solo, Sabtu (21/5).

Kirab budaya tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Pekan Informasi Nasional (PIN) tanggal 19-21 Mei 2011 di Taman Budaya Jawa Tengah di Jalan Ir Sutami Solo, kata Panitia kirab budaya Mupti Raharjo di Solo, Selasa.

Kirab Budaya Nusantara ini nantinya juga akan menampilkan beraneka ragam pakaian adat yang dibawakan oleh utusan peserta PIN.

"Pihak panitia telah menyurati seluruh peserta PIN untuk ikut kirab tersebut", katanya.

Kirab budaya tersebut yang akan berangkat dari Lapangan Kota Barat dan berakhir di halaman Balaikota itu juga akan dimeriahkan dengan tampilnya dua gajah dan empat onta koleksi dari Kebun Binatang Taman satwa Taru Jurug Solo.

"Dua gajah dan empat onta itu memang akan disertakan dalam kirab budaya tersebut, tetapi siapa yang akan naik bintang tersebut sampai sekarang belum diputuskan," katanya.

Marching band asal Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berkekuatan 200 orang juga akan tampil untuk memeriahkan kirab tersebut.

Untuk saat ini juga sudah ada 10 provinsi di Indonesia yang telah menyatakan ikut dalam kirab tersebut yaitu asal Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua, Kalimantan Barat, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Bengkulu.

Peserta kirab asal provinsi ini akan memakai baju adat di daerahnya masing-masing. Selain itu nanti juga akan diikuti dari sanggar seni budaya dan para pelajar yang total peserta sekitar 2.000 orang lebih.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011