Berlin (ANTARA News) - Kapten Werder Bremen Torsten Frings diberitahu Selasa bahwa klub dari utara Jerman itu tidak akan memperpanjang kontraknya, sehingga pemain tengah internasional Jerman itu bebas memilih klub baru atau pun menekuni karir sebagai pelatih.

Setelah bergabung selama empat setengah tahun dengan Bremen antara 1997 hingga 2002, Frings yang berusia 34 tahun begabung dengan Werder pada Juli 2005, tampil sebanyak 326 kali dalam laga liga pada klub itu, tetapi ia tidak dikontrak lagi pada akhir Juni.

Direktur Sport Bremen Klaus Allofs dan pelatih Thomas Schaaf mengumumkan dalam temu pers Selasa bahwa Frings tidak akan ditawari perpanjangan kontrak.

"Kami tahu ia kecewa. Saya dapat memahami perasaannya," kata Allofs, dengan menekankan bahwa "sport dan faktor ekonomi" merupakan alasan untuk mengambil keputusan itu.

Allofs menambahkan, keputusan itu tidak menyangkut masalah uang, "karena tidak ada tawaran tentang kontrak."

Tetapi Frings mungkin masih dapat tampil bersama Bremen sebagai pelatih.

"Werder Bremen akan menawarkan pekerjaan kepadanya sebagai pelatih dan untuk itu ia membutuhkan lisensi yang diperlukan," katanya.

"Ia akan memberikan jawaban kepada kami dalam beberapa hari ini. Kami akan membuka kemungkinan baginya menjadi pelatih teteapi kami juga membebaskan bila ia masih ingin meneruskan karirnya sebagai pemain di klub lain," katanya.

Frings, yang memenangi pertandingan (caps) terakhir yang ke-79 bagi Jerman pada 2009, memiliki pengalaman berat bersama Bremen, yang pernah terancam degradasi sebelum berada di urutan ke-13 pada kompetisi liga.

"Saya menerima keputusan itu," kata Frings kepada koran Bremen Kreiszeitung Syke.

"Sebetulnya situasinya buruk, karena saya masih ingin mengakhiri karir saya dalam satu musim yang bagus," katanya.

Dengan gaji yang dilaporkan sebesar empat juta euro (5,7 juta dolar) per tahun, maka opsi Frings saat ini disebut-sebut bermain di liga MLS Amerika Serikat atau di Uni Emirat Arab.

"Ini bukan masalah uang," kata Frings, "Saya tidak punya pilihan karena tidak ada penawaran."

Keberangkatan Frings merupakan akhir dari kebersamaannya selama enam tahun bersama klub itu, setelah sebelumnya pada 2002 bergabung dengan Borussia Dortmund.

Ia pindah ke Bayern Munich pada 2004, menolong tim Bavarians itu memenangi kompetisi Liga Jerman (Bundesliga) dalam satu musim permainannya di klub itu.

Bremen mengakhiri kompetisi Bundesliga musim ini dengan berada di atas zona degradasi setelah kalah 2-3 di Kaiserslautern, Sabtu.

Frings bermain dalam final Piala Dunia 2002 ketika timnya kalah atas Brazil, tetapi dilarang main di semi final ketika Jerman kalah atas Italia empat tahun kemudian ketika tuan rumah akhrinya berada di urutan ketiga.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011