Kami mendengar ledakan, kemudian terbakar dan ada asap tebal yang mengepul
Bengkulu (ANTARA News) - Sebuah menara base transciever station (BTS) Indosat yang berada di depan Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu pada Rabu meledak dan terbakar, diduga sumber ledakan berasal dari genset.

Ledakan tower di Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, itu sempat membuat warga sekitar terkejut.

"Kami mendengar ledakan, kemudian terbakar dan ada asap tebal yang mengepul," kata Rahmat yang menyaksikan kejadian tersebut.

Melihat asap tebal tersebut, warga langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran yang segera mendatangkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan berhasil memadamkan api.

Menurut Rahmat sebelum terjadi ledakan ia melihat dua petugas berseragam hitam dan putih yang menggunakan mobil Avanza warna putih memeriksa tower tersebut.

Setelah melakukan pemeriksaan pada pukul 15.30 WIB, kedua petugas tersebut meninggalkan TKP dan selang 10 menit terjadi ledakan yang kencang dari dalam gardu dan mengepul asap serta lidah api.

Warga di sekitar masjid At Taqwa dan pengguna jalan raya yang melintasi jalan Sukarno-Hatta dan Jalan Putri Gading Cempaka berkerumun melihat kebakaran tersebut.

"Dua orang tadi sepertinya petugas dari Indosat yang berusaha memperbaiki gardu karena kemarin informasinya mengalami kerusakan, tapi 10 menit setelah diperiksa, gardu itu meledak," terangnya.

Keterangan yang sama disampaikan Bagas dan Yoga warga setempat yang mendengar dan menyaksikan langsung ledakan dari Gardu Operator IM3 tersebut saat bermain sepak bola di lapangan Masjid At-Taqwa.

"Kami juga terkejut mendengar bunyi ledakan keras dan muncul asap dari gardu IM3," ucap Yoga.

Puluhan petugas pemadam berusaha memadamkan api dengan melakukan penyiraman di gardu tersebut hingga padam yang disaksikan Kapolres Bengkulu AKBP Joko Suprayitno dan Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi.

Kapolres mengatakan kebakaran tersebut diduga akibat kerusakan gardu operator tersebut yang dicoba diperbaiki oleh petugas tetapi justru meledak dan terbakar.

"Genset itu sudah dibetulkan tadi siang nampaknya belum selesai atau bagaimana, setelah petugasnya pulang baru kejadian meledaknya mesin genset tadi. Ini baru dugaan kami," ujar Kapolres.

Apakah ada unsur kesengajaan atau tidak, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut, tambahnya.

Polisi juga sudah melokalisir TKP dengan garis polisi karena posisi tower berada di halaman masjid dan dekat dengan pemukiman warga.

(KR-RNI/D009)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011