Makassar (ANTARA News) - Sekitar 700 peserta dipastikan akan menghadiri Musyawarah Wilayah V Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Selatan pada Selasa 24 Mei 2011.

Ketua Panitia Muswil V ICMI Sulsel, Prof Dr Farida Patittingi di Makassar, Rabu, mengatakan, Muswil yang akan diselenggarakan di salah satu hotel berbintang di Makassar itu akan dihadiri oleh Ketua Presidium ICMI, Dr Ing H Ilham Akbar Habibie, MA.

"Pada Muswil nanti akan dihadiri oleh Ketua Dewan Presidium Dr Ilham Akbar Habibie yang juga mantan anak Presiden BJ Habibie selaku pendiri ICMI," ujarnya.

Menurutnya, Muswil yang dilangsungkan sehari itu akan mengagendakan pemilihan ketua ICMI Sulsel. Selain itu akan menyusun kepengurusan baru ICMI untuk lima tahun ke depan. Termasuk menyusun program kerja lima tahun ke depan.

Ia menambahkan Muswil kali ini bertema "Revitalisasi Fungsi Cendekiawan dalam mewujudkan karekter bangsa berbasis iptek" menjadi tema yang akan mengemuka di Muswil V tersebut.

Sementara itu, Ketua ICMI Orwil Sulsel, Prof Natsir Nessa, mengakui bahwa Muswil kali ini mengalami keterlambatan.

"Harusnya Muswil dilaksanakan 2010 lalu. Namun karena persoalan konsolidasi organisasi yang belum siap pada saat itu, sehingga baru sekarang bisa dilaksanakan," katanya.

Natsir menambahkan saat ini seluruh organisasi wilayah (orwil), organisasi daerah (orda) dan organisasi kesatuan (orsat) telah terbentuk, sehingga Muswil sudah dapat dilaksanakan.

"Pada dasarnya tujuan ICMI yakni membangun silaturahmi dan jaringan. Muswil dilaksanakan salah satunya untuk menyusun program kerja, program kerja tersebut disusun sebagai penjabaran tujuan ICMI lima tahun ke depan," jelasnya.(*)
(T.KR-MH/D009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011