Temanggung (ANTARA) - Sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menerima bantuan dari Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto dan Anggota DPR Sujadi di Pendapa Jenar Kantor Bupati Temanggung, Jumat.

Adapun bantuan yang diberikan satu bus sekolah untuk Ponpes Sunan Plumbon Tembarak, bantuan sanitasi untuk lima pondok pesantren, dan bantuan rumah susun untuk Ponpes Karangsari Kedu dan Ponpes Prapak Kranggan. Selain itu juga diserahkan bantuan penerangan jalan umum untuk tujuh desa.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan bantuan untuk Temanggung ini merupakan aspirasi dari anggota DPR Sujadi, dan memang Kabupaten Temanggung menjadi salah satu daerah prioritas penerima bantuan.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan tahun ini fasilitas keselamatan yang intinya bagaimana bertransportasi di wilayah Temanggung harus selamat dan lebih nyaman.

"Kebetulan ada tambahan aksesibilitas kepada masyarakat khususnya untuk dunia pendidikan. Memang yang kami berikan tidak banyak, tetapi minimal ini menjadi stimulan untuk nantinya pemda bisa mengembangkan kepada hal-hal serupa karena itu sesuai dengan otoritasnya," katanya.

Baca juga: Tiga pesantren Dharmasraya terima bantuan pembangunan sanitasi Rp1 M

Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan bantuan yang diberikan berupa bus sekolah untuk pondok pesantren, rumah susun bagi pondok pesantren, dan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) bagi sejumlah desa di Kabupaten Temanggung.

"Ini sebagian kecil bantuan program yang dibawa Bapak Sujadi di Kabupaten Temanggung, berbagai bantuan telah disalurkan kepada seluruh masyarakat selama menjadi anggota DPR RI. Bantuan dikelompokkan menjadi berbagai jenis ada RTLH sudah ribuan rumah diberikan kepada masyarakat melalui kepala desa, pembangunan irigasi, pembangunan jalan raya, jembatan dan lain sebagainya," katanya.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan lintas kelompok masyarakat, lintas partai politik, bukan hanya diberikan kepada partai tertentu dan hal ini menunjukkan Sujadi berjiwa negarawan.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Temanggung kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Sujadi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum atas bantuan yang telah diberikan tersebut," katanya.

Kepada para penerima bantuan, dia meminta agar merawat dan memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya agar berdaya guna secara optimal.

Baca juga: Kemenag serahkan bantuan untuk Ponpes Lassang di Takalar-Sulsel
Baca juga: Pemerintah Aceh salurkan bantuan ke Pesantren Darussalam yang terbakar

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021