Kudus (ANTARA) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat selama 2021 terdapat 28 siswa yang berprestasi di berbagai ajang kompetisi internasional dengan menyumbangkan berbagai medali.

"Selain tingkat internasional, terdapat 44 siswa yang juga menyumbang prestasi di berbagai ajang kompetisi tingkat nasional. Sehingga total ada 72 siswa yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional baik secara berkelompok maupun perorangan," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 2 Kudus Hafidhin ditemui di sela-sela silaturahim dengan Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Jumat.

Untuk siswa yang berhasil juara tingkat internasional tahun ini, kata dia, salah satunya siswa jurusan MIPA berhasil juara 1 robotik RCAP Co Space Autonomous Driving Vhallenge U-19 yang diselenggarakan oleh RoboCup Asia-Pasific Confederatin, Tsinghua University, Tianjin Municipal People's Goverment.

Penghargaan lainnya, yakni di bidang biologi, astronomi, matematika, kimia, hingga karya ilmiah dengan raihan berbagai medali mulai dari emas, perunggu, dan perak.

Baca juga: Mischka dan Devon raih 33 medali olimpiade matematika di masa pandemi

Kehadirannya ke Pendopo Kabupaten Kudus untuk beraudiensi dengan Bupati Kudus dengan harapan siswanya mendapatkan motivasi agar lebih berprestasi pada masa mendatang.

"Dengan motivasi terhadap peserta didik, setidaknya siswa akan lebih giat belajar sehingga tahun mendatang prestasinya lebih banyak lagi," ujarnya.

Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi para MAN 2 Kudus karena ternyata banyak siswanya yang menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Selain membanggakan sekolah dan orang tua, kata dia, tentunya ikut membawa nama baik Kota Kudus. Prestasi tersebut tentunya harus ditingkatkan lagi sehingga tahun mendatang bisa meraih prestasi lebih baik. 

Baca juga: Dua siswa Aceh boyong medali perak di Kompetisi Internasional Macau
Baca juga: Siswi SMA IT Samawa Cendekia NTB wakili Indonesia ke ajang RTIC Brazil
Baca juga: Siswa SMAN 3 Semarang raih penghargaan kompetisi virtual kewirausahaan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021