Jakarta (ANTARA) - Grab memberikan apresiasi kepada ratusan mitra merchant GrabFood dalam acara GrabMerchant Awards 2021.

Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Grab kepada Mitra GrabMerchant yang telah bekerja keras dalam mengembangkan dan memajukan bisnisnya.

Para pemenang GrabMerchant Awards 2021 akan ditampilkan secara eksklusif di dalam aplikasi Grab sebagai menu kurasi khusus yang dapat diakses dengan mudah oleh para konsumen GrabFood.

Lebih dari 200 mitra merchant GrabFood dipilih dari 14 kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Yogyakarta, Bali, Palembang, Lampung, Jambi, Pekanbaru, Balikpapan, Manado, dan Semarang.

Baca juga: Grab gelontorkan Rp20 miliar untuk 83 ribu mitra

Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia Hadi Surya Koe mengatakan tahun 2021 adalah tahun dimana banyak bisnis mulai beradaptasi dengan keadaan dan tanpa henti berusaha untuk memajukan bisnis mereka.

"Oleh karena itu, kami ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh mitra GrabMerchant atas jerih payah mereka. Kami harap penghargaan ini bisa menambah semangat mitra GrabMerchant dalam memberikan pelayanan yang luar biasa kepada seluruh konsumen di Indonesia dan melahirkan inovasi kuliner di masa depan," ujar Hadi dalam keterangannya, Sabtu.

Dalam acara GrabMerchant Awards 2021: Penghargaan Tertinggi Mitra Kesayangan ini, Grab menghadirkan tiga kategori dan beberapa sub-kategori penghargaan.

Yang pertama adalah kategori Cita Rasa Pilihan dengan sub kategori; Rasa Asia Teristimewa, Minuman Hits Terlaris, Jajanan Idola Terfavorit, Jagoan Lokal Terpopuler, dan Menu Barat Terdahsyat.

Baca juga: Grab Indonesia perkuat kemitraan dengan KemenkopUKM

Kemudian ada kategori Pelayanan Istimewa dengan sub kategori; Mutu Berkelas, Spesiali Mengemas, Andalan Pelanggan, Top Rating, dan Paling Cekatan. Dan kategori terakhir adalah Merchant Idola Baru.

Salah satu peraih penghargaan di kategori Merchant Idola Baru, Herrij, berbagi pengalamannya dalam mengembangkan bisnis Manna Recipe yang ia miliki di Medan. Memiliki latar belakang di bidang kuliner, Herrij memberanikan diri untuk membuka bisnisnya sendiri dan telah berjalan kurang lebih 6 bulan.

“Kami masih fokus di pengiriman secara online khususnya lewat Grab dimana hampir 80 persen penjualan kami setiap hari berasal dari Grab, dan omzet perbulan juga bisa mencapai 150 juta dari Grab saja," ujar Herrij.

Selama 6 bulan Herrij mengatakan banyak belajar juga mengenai kepuasan pelanggan dimana dia harus terus memperhatikan mutu masakan, kebersihan makanan dan kemasan, serta pemasaran khususnya dari aplikasi GrabMerchant.

Baca juga: Grab alami gangguan layanan di Asia Tenggara

Selain itu, Maulana Hakim pemilik Teguk yang meraih penghargaan di kategori Cita Rasa Pilihan pada sub-kategori Minuman Hits Terlaris juga berbagi ceritanya dalam memajukan bisnisnya.

"Tegukbaru fokus di platform digital melalui Grab di tahun 2020, tepat saat pandemi. Awalnya kami memang melihat bahwa konsumen semakin banyak yang pindah ke online, tapi tanpa disangka setelah satu tahun bergabung di Grab, bisnis kami mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari sebelumnya," ujar Maulana.

Maulana mengatakan sangat senang saat diberitahu bahwa pihaknya mendapatkan penghargaan di GrabMerchant Awards 2021, sehingga makin termotivassi untuk terus secara konsisten meningkatkan visibilitasnya di GrabFood.

“Mendengar cerita-cerita sukses dari para mitra GrabMerchant membuat kami di Grab semakin merasa terdorong dan termotivasi menjadi mitra pilihan mereka dalam mengembangkan bisnisnya. Kami harap melalui acara ini kami bisa terus mendukung pelaku bisnis di Indonesia dengan berbagai inovasi dan teknologi yang kami sediakan.” tutup Hadi.

Baca juga: Menparekraf harap kolaborasi dengan Grab Indonesia dapat berkelanjutan

Baca juga: Grab bersama OVO apresiasi puluhan ribu mitra setia

Baca juga: Pemerintah apresiasi peluncuran "Hari Mitra Grab"

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021