Banjarnegara (ANTARA News) - Sebuah bus yang membawa rombongan pengantin dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terguling saat melintas di tanjakan Watu Celeng, Desa Merden, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Jumat.

Menurut informasi yang dihimpun ANTARA News, kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB tersebut disebabkan bus PO Alvin Jaya berpelat nomor G-1694-GG yang membawa rombongan pengantin pria dari Brebes menuju kediaman pengantin wanita di Desa Kalitengah, Kecamatan Purwanegara, tidak kuat menanjak di tanjakan Watu Celeng.

Akibat kecelakaan tersebut, lima penumpang bus mengalami luka berat dan puluhan lainnya luka ringan, sedangkan sopir bus yang belum diketahui identitasnya segera meninggalkan lokasi kejadian.

Seluruh langsung dilarikan di Rumah Sakit Umum (RSU) PKU Muhammadiyah Merden untuk mendapatkan perawatan.

Hingga Jumat siang, sebanyak 14 korban masih menjalani perawatan di RSU PKU Muhammadiyah, sedangkan dua korban luka parah dirujuk ke RSUD Banyumas.

"Sopirnya `nggak` tahu ke mana mas, tapi sepertinya laporan ke PO, sebab tadi ada bus cadangan dari PO Alvin Jaya bersama krunya datang ke lokasi," kata seorang warga Desa Merden, Anwar, di lokasi kejadian.

Saksi mata lainnya, Eko, mengatakan ada warga yang mengingatkan agar jumlah penumpang dikurangi sebelum bus tersebut memasuki tanjakan Watu Celeng.

Menurut dia, hal ini untuk menghindari kecelakaan karena tanjakan tersebut memiliki kemiringan di atas 30 derajat dengan ketinggian mencapai 50 meter.

"Sopir bus pasti belum menguasai medan, dan masyarakat mengingatkan, namun tidak digubris, sehingga bus tidak kuat naik dan lepas kendali hingga terguling," katanya.

Setelah terguling, kata dia, bus tersangkut di batang pohon sehingga tidak masuk jurang yang lebih dalam lagi.

"Kebanyakan korban mengalami luka lecet di bagian wajah, sementara lima orang luka cukup parah karena mengalami patah tulang," katanya.

(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011