Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digabung dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2011 di Hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jumat malam.

Peringatan yang dimulai pukul 19.00 WIB itu bertema Pendidikan Karakter Menjadi Gerakan Nasional yang bertujuan tidak hanya membangun karakter berbasis kemuliaan diri tetapi secara bersamaan juga membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa.

Menteri Pendidikan M Nuh dalam siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan Nasional mengatakan karakter kemuliaan sebagai bangsa bertumpu pada kecintaan dan kebanggan kepada bangsa dan negara serta empat pilar kehidupan berbangsa yaitu, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI).

Agar tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2011 menjadi kegiatan nyata, maka mulai tahun ajaran 2011/2012 pendidikan berbasis karakter akan dijadikan gerakan nasional.

Gerakan nasional itu diberlakukan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai perguruan tinggi termasuk pendidikan non formal dan informal.

Pada peringatan Hardiknas dan Harkitnas yang akan dihadiri juga oleh Wakil Presiden Boediono serta menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II itu Kementerian Pendidikan Nasional akan menayangkan video tentang pendidikan karakter dan kebangkitan bangsa.

(D013/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011