Teheran (ANTARA News/IRNA-OANA) - Ketua Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Saeed Jalili, Jumat (20/5), mengatakan keputus-asaan, kontradiksi dan muslihat adalah tiga ciri komentar paling akhir presiden AS mengenai perkembangan regional.

"Kebangkitan Israel telah mendorong Amerika ke jalan buntu dan keputus-asaan," kata Jalili, saat mengomentari pidato Presiden AS Barack Obama, Kamis malam, mengenai perkembangan politik di wilayah Timur Tengah.

"Amerika adalah pihak utama yang kalah dalam perkembangan di wilayah itu dan tenggelam di dalam rawa akibat dukungan lamanya buat rejim Zionis serta pemerintah tirani ... . Obama tak bisa melepaskan diri dari kungkungan kondisi yang bertolak-belakang dan muslihat," kata Jalili.

Ia menegaskan dukungan terang-terangan Obama buat rejim Zionis telah mengungkapkan ciri dikriminasi kebijakan AS di wilayah tersebut.

"AS harus menyadari bahwa seluruh tanah Palestina adalah milik bangsa Palestina dan ini adalah tuntutan sejati dari semua bangsa di wilayah itu, tak kurang dari itu," kata Jalili.(*)
(T.A045/C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011