Jakarta (ANTARA) -- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyaksikan langsung pelepasan ekspor produk vacuum cleaner Bissel ke pasar Amerika Serikat di Cileungsi, Jawa Barat, Senin. 

Vacuum Cleaner Bissel merupakan produk dari PT Selaras Donlim Indonesia (SDI), perusahaan patungan antara PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) dan perusahaan  elektronik raksasa asal China, Guangdong Xinbao (Donlim). 

Dalam sambutannya, Menteri Agus menyampaikan apresiasinya kepada SDI, karena meskipun baru memulai kegiatan produksi komersialnya pada Februari 2021, namun pada akhir tahun ini sudah mampu melakukan ekspor produk vacuum cleaner ke pasar Amerika Serikat. 

“Hal ini merupakan pencapaian tersendiri bagi perusahaan dan menunjukkan kesiapan SDI untuk menjadi basis produksi vacuum cleaner di ASEAN,” ujar Agus. 

Begitu tingginya permintaan pasar AS, sejak Februari, SDI telah mengirimkan kontainer ke-600 kontainer, dengan isi kontainer rata-rata mencapai 700 unit vacuum cleaner. 

Chief Operation Officer (COO) PT SCNP Shirly Effendy menyatakan, pihaknya mengantongi penjualan hingga Rp40 miliar per bulan dari ekspor vacuum cleaner tersebut. 

"SDI memang didirikan untuk memproduksi vacuum cleaner Bissel dengan target pasar Amerika Serikat," tuturnya. 

Lebih lanjut, Shirly menambahkan, Perseroan mematok pendapatan adalah 70 persen dari ekspor dan 30 persen dari penjualan domestik. 

Selain itu, SCNP sendiri sangat mendukung pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja serta berupaya untuk tetap berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi Nasional, menggenjot penerimaan negara melalui devisa yang dihasilkan dari ekspor. 

"Kami juga tengah mendukung program pemerintah menerapkan kebijakan pemberlakuan SNI dan TKDN, guna memberikan insentif bagi industri dalam negeri sehingga produk barang jadi yang selama ini masih impor akan dapat diproduksi secara lokal," tukas Shirly.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021