Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah informasi penting dan menarik bidang ekonomi pada hari kemarin yang informasinya masih layak untuk disimak pada pagi hari ini seperti puncak arus mudik 24 Desember 2021, industri otomotif memasuki fase pemulihan, PNBP perikanan 2021 hampir Rp1 triliun, pemerintah jadikan bensin RON 90 sebagai BBM transisi, dan pernyataan Menkeu tentang negara yang dipimpin wanita lebih baik di masa pandemi.


Puncak arus mudik diperkirakan 24 Desember, arus balik 2 Januari 2021

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus mudik atau keluar Jabodetabek selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan terjadi pada Jumat 24 Desember 2021 dan arus balik menuju Jakarta diperkirakan akan terjadi pada Minggu 2 Januari 2022.

Baca berita lengkapnya di sini.


Toyota Indonesia sebut industri otomotif masuki fase pemulihan

Toyota Indonesia menyebut industri otomotif nasional memasuki masa pemulihan setelah dampak pandemi COVID-19 dan berharap tahun depan pasar lebih bergairah lagi dengan dukungan insentif penghapusan PPnBM dari pemerintah. “Tahun ini pasar memang cukup naik dibandingkan 2020. Pada Januari-November 2021 penjualan secara whole sales sudah mendekati angka 800 ribu unit,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Baca informasi lengkapnya di sini.


KKP: PNBP Perikanan 2021 hampir capai Rp1 triliun

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Perikanan pada Desember 2021 ini diketahui sudah hampir mencapai Rp1 triliun, atau meningkat pesat dari PNBP Perikanan Tangkap 2020 sebesar Rp643,6 miliar.

Baca berita lengkapnya di sini.


Pemerintah jadikan bensin RON 90 sebagai bahan bakar minyak transisi

Pemerintah Indonesia mendorong penggunaan bensin RON 90 sebagai bahan bakar minyak ramah lingkungan karena Indonesia kini memasuki masa transisi energi. Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan Indonesia memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90 sebelum akhirnya akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Baca berita lengkapnya di sini.


Menkeu: Negara yang dipimpin wanita cenderung lebih baik saat pandemi

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengutip riset University of Liverpool dan Reading yang mengatakan negara yang dipimpin oleh perempuan cenderung menunjukkan kondisi yang lebih baik pada masa pandemi COVID-19 saat ini. "Perempuan cenderung memberikan tambahan perspektif dalam kebijakan," kata Menkeu Sri Mulyani dalam acara Capital Market Women Empowerment Forum.

Baca berita lengkapnya di sini.

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021