Los Angeles (ANTARA News) - Penyanyi country yang bersuara dalam Scotty McCreery menjuarai season 10 "American Idol" Pada Rabu waktu setempat, dengan mengalahkan pesaing utamanya, Lauren Alaina --yang telah dipuji-puji sebagai peserta utama oleh juri tayangan itu.

Scotty (17) memeluk peserta lain "American Idol" pada season tersebut dan keluarganya setelah pembawa acara Ryan Seacrest mengumumkan dia sebagai pemenang tayangan kompetisi menyanyi di televisi itu.

"Tak pernah sekalipun aku memimpikannya, dalam mimpi yang paling liar sekalipun. Aku harus pertama-tama bersyukur kepada Tuhan. Dia lah yang membawa aku ke sini," kata Scott McCreery.

Scotty, juru tulis di satu toko makanan dari Garner, North Carolina, menyanyikan lagu yang akan jadi singel pertamanya di hadapan sejumlah pemirsa dalam acara yang ditayangkan langsung.

Sebanyak 122 juta suara, jumlah terbanyak setakat ini, diberikan melalui telepon, pesan teks dan "daring" (dalam jaringan) setelah Scotty dan Lauren Alaina --keduanya penyanyi country-- memperlihatkan penampilan final mereka pada Selasa (24/5). Jumlah total suara pada season ini mencapai hampir 730 juta.

Lauren (16) tampil sebagai favorit juri pada Selasa, setelah menundukkan lagu untuk menyajikan penampilan penuh emosi yang dipersembahkan buat ibunya. Tapi sebagian orang meramalkan Scotty McCreery (17) akan jadi juara berdasarkan reaksi pemirsa "American Idol" di Twitter.

Hasil tersebut diumumkan setelah tayangan langsung yang ditaburi bintang selama jam itu, yang meliputi penampilan dari Lady Gaga, Beyonce, Judas Priest dan bahkan juri baru Jennifer Lopez dan vokalis Aerosmith Steve Tyler.

Scotty meraih hati pemirsa selama season terakhir tersebut dengan suara dalamnya. Ia adalah juara pertama musik country sejak Carrie Underwood meraih gelar itu pada 2005 dan menempati posisi teratas "American Idol" dalam hal perjalanan dan penjualan rekaman.

Kemenangan Scotty menandai tahun keempat berturut-turut seorang pria peserta merajai kompetisi itu.

Sebagai "American Idol" baru, Scotty meraih kontrak rekaman dengan merek dagang Universal Music Group.

"American Idol", yang kini berada pada tahun ke-10, telah menempati posisi teratas di Fox dan menjadi tayangan TV yang paling banyak ditonton selama tujuh tahun belakangan di negeri tersebut.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011