Los Angeles (ANTARA News) - "American Idol" memulai gelaran final musim kesepuluhnya yang dimeriahkan oleh penampilan Beyonce dan Judas Priest, tapi penonton harus menunggu babak final untuk mengetahui apakah Lauren Alaina atau Scotty McCreery yang akan membawa pulang mahkota American Idol.

Dan ternyata Scotty McCreery yang menjadi jago malam itu.  Dia menjadi American Idol terbaru.

Tercatat 122 juta pemilih menyalurkan suaranya lewat ponsel, sms, dan online setelah deretan penyanyi remaja itu mempersembahkan penampilan akhir mereka Selasa malam waktu AS.  Total pemilih musim ini mencapai 370 juta.

"Angka itu setara dengan dua pemilih untuk setiap pria, wanita dan anak-anak yang tinggal di Amerika," kata pembawa acara Ryan Seacrest dalam pembukaan acara seperti dikutip Reuters.

Alaina (16) menjadi pilihan favorit juri setelah menyenandungkan vocal kuat saat mengantarkan penampilan emosional yang dia persembahkan untuk ibunya. Tapi beberapa orang memprediksi McCreery (17) akan menjadi jawara berdasarkan respon "Idol" di Twitter.

Final "Idol" dikenal karena kerap melahirkan banyak bintang dari berbagai aliran musik. Malam itu dimulai oleh penampilan seorang "Idol" yang telah terdepak James Durbin.  Dia menyanyikan dua lagu karya legenda rock Judas Priest.

Kemudian, gadius-gadis dari 13 kontestan top musim ini mengantarkan medley lagu-lagu Beyonce, yang bergabung di akhir penampilan mereka saat menyanyikan "Crazy."

Tony Bennett, Tim McGraw, Jack Black and Gladys Knight ada diantara mereka.

Para penampil terakhir selalu disembunyikan hingga waktunya tiba, dan para penggemar sangat ingin menyaksikan apakah juri "Idol" yanga baru yaitu Jennifer Lopez dan pentolan band Aerosmith Steven Tyler tampil bersama.

Alaina adalah kontestan Idol termuda yang mencapai babak final. Pemandu sorak dari Rossville, Georgia itu bermimpi menjadi "American Idol" sejak umur enam tahun.

McCreery yang seorang pramuniaga toko grosir di Garner, Carolina Utara, memenangkan hati penonton lewat suaranya yang dalam dan ketenangan di panggung.

Siapapun konstetan yang akan menang pada Rabu waktu AS (Kamis WIB) adalah jawara penyanyi country pertama sejak Carrie Underwood mendapatkan gelar itu pada 2005 dan menjadi "Idol" berpendapatan terbesar.

"American Idol" terbaru ini akan mendapatkan kontrak rekaman dengan perusahaan rekaman Universal Music Group.

Kini di usianya yang ke-10 "American Idol" menjadi acara TV yang paling banyak ditonton dalam tujuh tahun terakhir. (*)
Adam

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011