Samho Jewelry ditangkap di Laut Arab oleh para bajak laut Somalia pada 15 Januari tetapi direbut kembali dalam serangan oleh pasukan komando angkatan laut Korea Selatan enam hari kemudian.
Busan (ANTARA News/Yonhap-0ANA) - Jaksa Korea Selatan, Jumat, menuntut hukuman mati terhadap pemimpin kelompok perompak Somalia di samping hukuman penjara seumur hidup untuk tiga perompak lainnya menyusul serangan terhadap kapal Korea Selatan pada awal tahun ini.

Hukuman mati dituntut untuk Mohamed Arai, 21 tahun, yang dituduh menembak kapten kapal Samho Jewelry. Arai pun menghadapi dakwaan upaya pembunuhan para pelaut, perampokan dan enam tindak pidana lainnya.

Jaksa Busan juga meminta bahwa tiga orang lain - Abdikhad Iman Ali, Abdullah Ali dan Aul Brallat - dihukum penjara seumur hidup untuk tuduhan serupa.

Samho Jewelry ditangkap di Laut Arab oleh para bajak laut Somalia pada 15 Januari tetapi direbut kembali dalam serangan oleh pasukan komando angkatan laut Korea Selatan enam hari kemudian.

Sebanyak lima bajak laut ditangkap hidup-hidup dan dipindahkan untuk diadili di Korea Selatan.

Dalam sidang putusan hukuman di Pengadilan Negeri Busan, jaksa menyatakan bahwa Arai menembak kapten kapal barang itu, Seok Hae-kyun, dan menggunakan anggota awak sebagai tameng manusia selama penggerebekan, mengutip pernyataan anggota lain bahwa mereka melihat Arai membawa senapan dan mendengar tembakan tepat setelah Arai sedang mencari kapten.

Jaksa berpendapat bahwa Seok ditemukan terluka oleh senapan AK, yang telah digunakan bajak laut.

Hal itu juga diungkapkan laporan awak anggota sebagai bukti bahwa mereka dipaksa untuk pindah ke sebuah jembatan sayap kapal dengan dihujani peluru.

Namun demikian perwakilan hukum terdakwa menyatakan bahwa tidak ada yang menyaksikan Arai menembak kapten dan hanya fragmen yang berkaitan dengan senapan AK ditemukan dalam tubuh Seok.

Mereka mengatakan para perompak tidak bermaksud mengambil pelaut sampai ke jembatan sayap untuk menggunakan mereka sebagai perisai manusia.

Sembilan jaksa akan membacakan vonis dan hukuman untuk keempat bajak laut pada sore hari, dan hakim akan mengumumkan keputusan akhir. Berdasarkan peraturan Korea Selatan, para hakim tidak terikat dengan keputusan jaksa.

Dengan demikian, kelima bajak laut menghadapi sidang terpisah karena mereka mengaku bersalah atas semua tuduhan itu. Mereka akan divonis pada 1 Juni.

(*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011