Semarang (ANTARA News) - Panitia Lokal 42 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang mengimbau peserta SNMPTN untuk mengecek terlebih dulu lokasi tes sebelum pelaksanaan pada 31 Mei-1 Juni mendatang.

"Pada kartu tes setiap peserta SNMPTN sebenarnya sudah tertulis imbauan semacam itu, namun biasanya peserta kurang mencermati," kata Ketua Panitia Lokal 42 SNMPTN Semarang, Agus Wahyudin, di Semarang, Minggu.

Menurut dia, pengecekan lokasi itu sebenarnya dimaksudkan memudahkan peserta dalam pelaksanaan tes, sebab banyak juga peserta yang berasal dari luar Kota Semarang dan tentunya belum mengenal seluk-beluk kota ini.

Berdasarkan pengalaman SNMPTN tahun lalu, kata dia, banyak peserta yang datang terlambat karena tersesat saat mencari lokasi tes, padahal sebenarnya kejadian semacam ini bisa diantisipasi dengan pengecekan awal.

"Banyak peserta yang berasal dari luar kota, seperti Salatiga, Kendal, Batang, Demak, Kudus, Pati, sampai Rembang. Terutama yang dari luar kota ini, usahakan datang ke Semarang sebelum 31 Mei 2011," katanya.

Ia memprediksi lebih dari 8.000 mahasiswa akan menuju ke kampus Unnes Sekaran pada hari H SNMPTN, sebab pada saat yang bersamaan calon mahasiswa dari jalur SNMPTN undangan juga datang untuk melakukan lapor diri.

Karena itu, ia mengimbau peserta untuk memastikan dulu lokasi pelaksanaan tes yang di wilayah Panitia Lokal 42 Semarang ini terbagi dalam 45 lokasi, antara lain kampus Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang.

Agus yang juga Pembantu Rektor I Unnes itu menjelaskan secara umum lokasi tes terbagi atas kampus Unnes untuk kelompok IPA, kampus Undip Pleburan dan Tembalang, serta lokasi lain untuk kelompok IPS dan IPC.

"Untuk keterlambatan mengikuti tes SNMPTN, kami beri toleransi maksimal 30 menit. Peserta yang hadir setelah waktu yang ditentukan itu tidak diperbolehkan memasuki ruang tes maupun mengerjakan soal," katanya.

Ia mengaku pihaknya juga menyediakan layanan "call centre", sebagai penyedia informasi SNMPTN di nomor telepon (024) 850-8084, salah satunya ditujukan untuk membantu peserta yang tersesat mencari lokasi tes.

"Jumlah peserta SNMPTN tulis yang terdaftar di wilayah Panitia Lokal 42 Semarang mencapai 23.664 orang. Kami berharap peserta menyiapkan diri menghadapi tes dan yakin dengan kemampuan yang dimiliki," kata Agus.(*)
(U.KR-ZLS/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011