Mamuju (ANTARA News) - Sebanyak 400 orang guru tingkat SD dan SLTP di Mamuju akan disertifikasi pada tahun 2011, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas sebagai tenaga pendidik.

Kepala Bidang SD dan SLB Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Mamuju, Salman Ali, di Mamuju, Minggu, mengatakan, pada tahun 2011 pemerintah di Mamuju mengalokasikan anggaran sekitar Rp100 juta melalui APBD tahun 2011 untuk sertifikasi guru.

Ia mengatakan, guru yang akan disertifikasi dengan anggaran itu adalah guru pada sekolah tingkat SD dan SLTP yang jumlahnya mencapai 400 orang.

Menurut dia, guru yang akan disertifikasi itu akan mengikuti ujian sertifikasi guru di Sulbar dengan melampirkan foto copy sertifikat pendidikan, SK gaji terakhir, foto kopi keterangan siap mengajar selama 24 jam, dan foto kopi rekening gaji.

Sehingga ia meminta kepada seluruh guru yang akan dilakukan sertifikasi di Mamuju dapat melengkapi seluruh persyaratan untuk mengikuti ujian sertifikasi itu.

"Sertifikasi ini dilakukan agar guru pada tingkat SD dan SLTP di Mamuju dapat semakin berperan dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Mamuju yang masuk dalam kategori sebagai daerah tertinggal ini agar lebih baik di masa mendatang," katanya.

Selain itu, bertujuan untuk mensukseskan peningkatan pelayanan pendidikan di Mamuju melalui program pendidikan gratis yang dicanangkan pemerintah setempat.

Ia mengatakan, sertifikasi guru SD dan SLTP di Mamuju masih akan dilakukan pemerintah di Mamuju hingga lima tahun mendatang yakni hingga tahun 2015 dalam rangka meningkatkan layanan pendidikan yang telah dirumuskan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) pemerintah di Mamuju.

Salman Ali mengatakan, pemerintah di Mamuju mentargetkan guru yang akan disertifikasi di Mamuju setiap tahun berjumlah sekitar 400 orang hingga seluruh guru di Mamuju semuanya telah disertifikasi.

Berdasarkan data pemerintah di Sulbar guru yang telah disertifikasi di Mamuju mencapai sekitar 4043 orang.  (MFH/M012/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011