PHRI: Hotel Harus Sediakan Gizi Atlet "Tour de Singkarak"

Padang (ANTARA News) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Barat Maulana Yusran mengimbau pihak hotel menyediakan makanan berstandar atlet untuk pebalap "Tour de Singkarak" (TdS) 2011.

"Semua hotel dan penginapan yang ditempati para pebalap TdS 2011 harus menyediakan makanan yang berstandar gizi atlet," katanya di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, menu makanan berstandar gizi atlet harus menjadi perhatian serius pihak hotel mengingat para peserta TdS membutuhkan makanan bernutrisi tinggi serta memenuhi standar gizi atlet.

Menurut dia, dengan menu berstandar gizi atlet, hotel yang menjadi menginap pebalap ikut mendukung program Kementerian dan Kebudayaan Pariwisata untuk menyukseskan TdS 2011.

"Standar makanan atlet yang disediakan pihak hotel harus baik untuk menghindari pebalap terkena gangguan makanan yang dikonsumsi," katanya.

Ia menambahkan, standar menu gizi atlet harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia agar tidak terjadi kesalahan dalam menetapkan menu tersebut.

"Tidak semua makanan daerah cocok dengan selera orang asing apalagi pebalap, namun pihak hotel harus berusaha agar makanan yang disuguhkan berstandar gizi atlet," katanya.

Selain menu makanan berstandar gizi atlet, katanya, pihak hotel harus meningkatkan fasilitas dan pelayanan untuk pebalap yang mengikuti TdS 2011.

"Semua hotel yang menjadi tempat menginap peserta dan panitia TdS harus mampu menciptakan suasana nyaman, didukung oleh pengamanan maksimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Ia mengingatkan, banyak barang peserta TdS seperti sepeda dan alat penunjang lainnya yang membutuhkan tempat. Karena itu pihak hotel harus menjamin semua peralatan tersebut," katanya.

Menyinggung ketersedian kamar hotel, Maulana memprediksi sebanyak 260 kamar akan terisi oleh para pebalap dari manacanegara dan Indonesia.

Ia mengharapkan TdS 2011 ini bisa berjalan sukses dan dapat lebih mempromosikan Sumbar di tingkat internasional.  (AH/E005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Sejumlah catatan penting pada Tour De Singkarak 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar