Padang (ANTARA News)- Jumlah calon mahasiswa yang berminat melanjutkan studi pada dua Perguruan Tinggi Negeri di Sumbar yaitu Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang mencapai 72 ribu orang pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingggi Negeri 2011.

"Berdasarkan data rekapitulasi nasional, tercatat sebanyak 34.488 peserta SNMPTN memilih Unand serta 37.570 orang menjatuhkan pilihannya pada UNP, dengan total peminat mencapai 72.058 orang," kata Rektor Unand Padang, Musliar Kasim di Padang, Rabu, didampingi Rektor UNP, Mawardi Efendi.

Hal tersebut disampaikannya usai melakukan pemantauan pelaksanaan ujian tulis SNMPTN hari kedua di beberapa lokasi di Kota Padang bersama panitia lokal 17 Padang.

Dikatakannya, berdasarkan data tersebut artinya lebih banyak peserta yang memilih Unand dan UNP dibandingkan jumlah peserta SNMPTN di Sumbar yang hanya berjumlah 33.914 peserta.

"Hal ini cukup menggembirakan karena ternyata PTN yang ada di Sumbar tidak hanya diminati oleh calon mahasiswa dari daerah ini, namun juga merupakan pilihan bagi calon mahasiswa dari daerah lain di luar Sumbar," lanjut dia.

Menurutnya, data ini menunjukan Unand dan UNP sudah mulai diperhitungkan secara nasional sebagai salah satu tempat kuliah pilihan.

"Karena itu, kepada peserta SNMPTN yang dinyatakan lulus pada saat pengumuman kelulusan 30 Juni mendatang , harus mempergunakan kesempatan yang didapat sebaik-baiknya," kata dia.

Lebih lanjut, berdasarkan hasil rekapitulasi nasional peserta yang mendaftar di panitia lokal 17 Padang merupakan peringkat empat se-Indonesia setelah Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Ia menyebutkan, secara nasional total peserta yang mengikuti SNMPTN pada tahun ini mencapai 555.688 orang dimana untuk Sumatera Barat jumlah peserta mencapai 33.914 peserta.

"Peserta yang mengikuti SNMPTN di Padang, Sumatera Barat pada tahun 2011 mencapai 33.914 dimana terjadi peningkatan sebanyak 2.914 peserta dibanding tahun lalu," lanjut dia. (IWY/Y006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011