Jambi (ANTARA News)- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi mengatakan, Geopark di Kabupaten Merangin adalah salah satu aset pariwisata yang diusulkan ke UNESCO untuk dipatenkan sebagai khasanah kebudayaan Indonesia.

"Dari Provinsi Jambi ada dua objek yang menjadi prioritas kita programkan akan diusulkan ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan dunia yakni Candi Muarojambi dan Geopark di Merangin," kata Kasi Promosi Pariwisata Disbudpar Heri Suroso di Jambi, Jumat.

Geopark Merangin adalah salah satu peluang baru bagi Jambi mengangkat potensi kepariwisataannya ke publik luas  karena temuan bebatuan berupa peninggalan fosil yang telah membatu akibat sedimentasi oleh lelehan magma dari perut bumi itu yang diperkirakan telah berumur 150juta - 299 juta tahun.

Suroso mengatakan, sebagai langkah mengangkat Geopark, Budpar sudah menjalin kerjasama riset dengan Badan Geologi Bandung.

"Riset tersebut telah berjalan semenjak dua bulan lalu, penelitian dilakukan berkesinambunggan oleh tim-tim profesional yang sesuai dengan keahlian atau pengkhususan penelitian, seperti tim Pemetaan, tim riset geologi, tim riset arkeologi, dan tim riset budaya," katanya.(*)

KR-BS/H-KWR

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011