Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada Kamis, rebound dari kerugian sesi sebelumnya, dipimpin oleh ekuitas bahan pokok konsumen dan teknologi informasi, ketika sentimen terangkat oleh janji pemerintah untuk fokus pada pemulihan konsumsi dan mengurangi tarif pajak penghasilan tertentu.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai, terangkat 0,62 persen atau 22,19 poin menjadi berakhir di 3.619,19 poin, sedangkan indeks saham-saham unggulan CSI300 bertambah 0,78 persen atau 38,03 poin menjadi ditutup di 4.921,51 poin.

Kementerian perdagangan China pada Rabu (29/12/2021) berjanji untuk fokus pada pemulihan konsumsi yang berkelanjutan pada tahun 2022, dan menarik lebih banyak investasi asing.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, perpanjang kerugian sesi sebelumnya

Negara itu juga mengatakan akan memperpanjang beberapa kebijakan pajak penghasilan yang menguntungkan untuk meringankan beban kelompok berpenghasilan menengah dan rendah, media pemerintah melaporkan, mengutip rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Keqiang.

Langkah ini diperkirakan akan memotong pajak sebesar 110 miliar yuan (17,27 miliar dolar AS) per tahun.

Dari segi musim, analis memperkirakan penjualan minuman keras, makanan dan minuman mendapatkan momentum selama tahun baru mendatang dan liburan Festival Musim Semi China, yang menguntungkan sektor terkait.

Sementara itu Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,11 persen atau 25,47 poin menjadi menetap di 23.112,01 poin, dibantu oleh rebound raksasa teknologi.

Baca juga: IHSG ditutup melemah di penghujung tahun, dibayangi penyebaran Omicron

Baca juga: Saham Australia sedikit menguat, ditutup di level tertinggi 3,5 bulan


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021