Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (31/12/2021), mulai dari Presiden Joko Widodo disebut sebagai tokoh terpopuler dan paling berpengaruh dalam riset Indonesia Indicator hingga bangsa Indonesia berkutat dengan dua kerja besar pada tahun 2021.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Presiden Jokowi disebut tokoh terpopuler dan berpengaruh

Hasil riset Indonesia Indicator (I2) menyebutkan Presiden Joko Widodo merupakan tokoh terpegah atau terpopuler dan tokoh berpengaruh di media online atau daring Indonesia pada periode 1 Januari-19 Desember 2021.

"Presiden Jokowi Widodo menjadi figur paling berpengaruh dan terpegah sepanjang 2021. Tercatat ada 970.720 pernyataan Presiden Jokowi yang dikutip media. Sementara nama Presiden Jokowi disebutkan dalam 804.469 berita," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang saat memaparkan hasil risetnya yang dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya baca di sini.

Presiden: Sepanjang 2021 kita berkutat dengan dua kerja besar

Presiden RI Joko Widodo mengatakan sepanjang tahun 2021 bangsa Indonesia berkutat dengan dua kerja besar, yakni memutus rantai virus dan menjaga perekonomian.

"Sepanjang tahun 2021, kita berkutat dengan dua kerja besar: memutus rantai penyebaran COVID-19 dan menjaga ekonomi Indonesia tetap bertumbuh," tulis Presiden dalam media sosial Instagram @jokowi yang dikutip di Jakarta, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya baca di sini.

Indonesia Indicator sebut Anies Baswedan gubernur terpopuler di media

Indonesia Indicator (I2), perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI), menobatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai gubernur terpegah (terpopuler) dan paling berpengaruh pada 2021.

"Anies didapuk sebagai Gubernur Terpegah karena sosoknya paling banyak diberitakan media massa di Tanah Air," kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang di Jakarta, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya baca di sini.

Lemhannas usulkan pembentukan Kementerian Keamanan Dalam Negeri

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI mengusulkan dibentuknya Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Dewan Keamanan Nasional.

"Dibutuhkan lembaga politik setingkat kementerian yang diberi mandat portofolio untuk merumuskan kebijakan nasional dalam fungsi keamanan dalam negeri," kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat menyampaikan Pernyataan Akhir Tahun 2021, di Kantor Lemhannas RI, Jakarta, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya baca di sini.

Ketua DPR ajak masyarakat optimistis sambut tahun 2022

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap semangat dan optimistis dalam menyambut tahun 2022.

“Tidak terasa satu tahun telah berlalu, yang artinya sudah hampir dua tahun Indonesia menghadapi krisis COVID-19. Saya berharap masyarakat tetap optimistis bahwa kita bisa cepat keluar dari kondisi pandemi ini,” kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (31/12/2021).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022